Jumat, 24 Januari 2014

Pertanyaan Buat Kamu.

Hari Jumat entah tanggal berapa di awal-awal masuk SMA sekitar tahun 2007, gue pernah ditanya sama seorang senior.

"Kalau kamu sekarang ada di antara seorang ibu yang sedang hamil dan saudaramu, yang dua-duanya sedang sekarat, siapa yang lebih dahulu kamu selamatkan? Kamu nggak bisa milih dua-duanya, cuma satu yang bisa selamat, sementara yang lainnya akan mati."

Pertanyaan itu sebenernya tes psikologis. Nggak ada jawaban salah. Jawabannya bener semua. Pertanyaan ini cuma akan menjelaskan diri lo. Waktu itu gue jawab gue akan menyelamatkan ibu yang lagi hamil. Seorang teman lalu ngebentak gue, "Lo gatau gimana rasanya kehilangan saudara lo sendiri!" Gue waktu itu kaget dibentak gitu, dan gue cuma ngejawab, "Tapi lo bisa nyelametin dua nyawa sekarang. Anak itu berhak hidup."

Gue inget se-inget-ingetnya gimana kejadian hari itu. Gue bahkan masih inget muka temen gue yang marah karena gue ngejawab itu (dia baru aja kehilangan saudaranya). Tujuh tahun. Butuh tujuh tahun setelah itu, dan gue baru sadar sama arti dari pertanyaan itu dan jawaban gue hari ini.

Gue terlalu sibuk mikirin orang lain, sampai ga mikirin diri gue sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar