Rabu, 15 Januari 2014

Hadapi Dengan (Jantan) Senyuman!

Barusan, gue nemu pertanyaan yang dilematis banget di status seseorang. "Apabila orang yang kamu cintai tidak mencintaimu dan orang yang mencintaimu tidak kamu cintai, maka siapa diantara mereka yang kamu pilih?"

Menarik. Gue sendiri bingung sih mau jawab apa. Tapi kemungkinan gue akan main aman. Gue akan memilih orang yang kedua. Kenapa gue bilang main aman? Keliatannya mungkin sedikit egois. Tapi gue belajar dari pengalaman gue ke orang yang pertama. Mencintai orang itu berat, dan jauh lebih sulit dibanding dicintai.

Baru-baru ini pernah ada seorang teman cowok curhat sama gue. Dia lagi pusing luar biasa, katanya. Kenapa, gue tanya. Jadi gini ceritanya. Si temen gue ini punya pacar, dan udah satu tahun lebih pacaran sama pacarnya. Temen gue ini cerita, kalo dia lagi nakal. Dia lagi deket sama cewek lain. Dan masalahnya adalah dia lebih seneng deket sama cewek itu dibanding sama pacarnya. Okeeeeee...
Tapi masalah terbesar sebenernya adalah temen gue ini sudah terlalu jauh sama pacarnya. Ngerti kan?
Gue diam. Okeeee, terus? gue tanya dia. Dia bilang dia nggak mau milih siapa-siapa diantara kedua cewek ini.
Emm.. Ini sebenernya harusnya bisa lebih mudah dibanding dua pilihan di atas. Ada orang yang cinta sama lo, tapi lo tidak cinta balik, dan ada orang yang cinta sama lo dan lo juga cinta sama orang itu. Di situasi normal hal ini akan jauh lebih mudah. Jelas lo akan pilih orang yang lo juga cintai. Fine. Tapi yang jadi masalah disini adalah hubungan teman gue ini yang udah terlalu jauh sama pacarnya.
Gue sangat mengenal kedua orang ini, baik temen gue maupun pacarnya. Sebelum gue tau bahwa temen gue ini sejahat ini, gue pikir mereka berdua adalah orang-orang yang baik, dari keluarga baik-baik.
Gue tanya sama temen gue, kapan lo mulai sadar lo udah ga sayang sama pacar lo, dan kapan lo mulai deket sama cewek itu? Sesudah atau sebelum lo terlalu jauh sama pacar lo? Katanya dia, sebelum. I was like, fvck! How couuuld?!!
Saat itu rasanya gue pengen ngamuk sama temen gue ini. Kok bisa siiiiih? Kok bisa lo jahat banget sama pacar lo??? Gue berusaha inget tentang pacarnya temen gue ini dan bagaimana mereka pacaran. Pacarnya tuh baiiiiiiik.. Pun dia nggak baik banget juga tetep aja dia baik, dan mereka pacaran baik-baik aja. Gue kalo ngeliat pacarnya dia ini tuh sayang banget sama temen gue ini, like a 100% to him. Terus tiba-tiba aja temen gue dateng dan cerita kayak gitu ke gue. Gue, sebagai cewek, rasanya pengen gampar orang ini. Pake kampak kalo perlu. Ih, bete.
Gue berusaha tenang. Gue tanya sama dia, terus lo gimana sama pacar lo? Udahan, jawabnya. Okeee..
Eh, btw, sorry ya kalo daritadi kebanyakan oke. Itu gue dalam adegan riil adalah gue yang sedang menghela nafas.
Gini yaa.. gue mulai menanggapi curhatannya. "Salah cewek itu di mata gue, dalam kasus ini karena gue ga tau gimana-gimananya di dalem, adalah dia terlalu percaya sama lo. Yaa mungkin ada satu atau dua hal yang lo pikir nggak sesuai sama lo. Tapi gue ga peduli. Bukan karena dia cewe dan lo temen gue, gue akan membela salah satu diantara kalian. Tapi di kasus ini, lo yang salah, luar biasa salah, dan salah lo tuh goblok banget menurut gue. Hei, dia tuh ceweeeeeek. Lo pikir ibu lo tuh apa? Tega lo sampe kayak gitu ke dia?" Saat itu gue udah muntab. "Kalo emang dari awal lo tau lo ga sayang sama cewek itu, kenapa lo bisa-bisanya ngerusak cewek itu? Kenapa lo nggak pergi dari awal? Gue rasa cewek itu bakalan lebih bisa nerima deh."

"Gue udah nyoba buat sayang sama dia, tapi nggak bisa." kilahnya. Engga, bodoh, lo belum nyoba, lo nggak sabar. Gue semakin nggak ngerti kenapa dia bisa setega ini. Temen gue sendiri gitu.

"Lo bisa nebak nggak kenapa dia minta udahan?" tanyanya. Gue jawab, "ya jelas aja dia minta udahan! Lo tuh udah parah banget jahatin dia."
"Engga, dia minta udahan karena dia kasian sama gue." HAAAAAAAAH??? Gue shock.
"Iya. Dia sedih, nggak tega ngeliat gue kayak gini. Dia bahkan meluk gue buat nguatin gue."
Di titik ini gue udah nggak ngerti harus ngomong apa sama temen gue ini.

Cukup lama kita diam. Gue yakin temen gue ini ngerti keadaan gue, karena kebetulan gue juga baru aja ngalamin hal yang kurang lebih sama. Dan mungkin karena itu juga dia memilih buat cerita sama gue.

Gue tanya sama dia, lo pernah tau nggak rasanya ditinggalin orang yang lo sayang itu kayak gimana? Apalagi lo ditinggalin dengan keadaan lo disakitin yaa..

Dia diem aja.

"Dia bilang dia sayang sama gue. Dia bilang dia maafin gue karena dia sayang sama gue. Dia bahkan bilang kita masih bisa temenan kayak dulu lagi." katanya.
Gue inget suatu waktu, gue pernah jalan sama ceweknya ini. Terus gue bilang, kok lo bisa sayang banget sih sama temen gue? Si cewek itu cuma jawab, "nggak tau, dia nanya gue, mau ga jadi yang terakhir buat dia, disitulah gue berusaha jadi yang terakhir buat dia. Dia juga bilang, gue cuma perlu percaya sama dia, sisanya dia yang bakal bertanggungjawab."

Gue geleng-geleng kepala karena ikutan pusing sama masalah mereka.

Suasana kembali hening.

Gue kemudian inget lagi cerita temen cowok gue yang lain. Gue kenal sama dia dari awal masuk SMA. Nah, pas masuk SMA itu dia memang udah punya pacar, temen SMP-nya. Mereka udah pacaran sekitar 2 tahunan lah. Tapi entah kenapa, sekitar akhir kelas 2 atau kelas 3, dia jadian sama temen gue dari kelas lain. Waktu itu gue pikir dia memang udah putus sama pacarnya terus jadian sama temen gue ini. Gue biasa aja, karena emang setelah naik kelas 2, gue udah nggak pernah sekelas sama temen gue ini, jadi gue ga begitu care. Tapi baru setelah lulus gue tau kalo dia selingkuh. Jadi kita dalam perjalanan pulang dari Bandung. Malem-malem, di bis primajasa, dia cerita sama gue kejadian yang sebenarnya. Kok lo bodoh sih? tanya gue waktu itu. Dia diem aja. Btw, cerita dia sama temen gue juga ga lama, karena si cewek udah ga mau pacaran. Selang beberapa waktu, dia ngajak gue ke Bandung lagi buat nemuin mantannya, ngasih kado ulangtahun. Gila, gue bilang. Tapi tetep aja gue temenin dia sekalian kita liburan. Sekitar setahun kemudian dia dateng bawa cerita baru nih. Dia jadian sama temen SMP-nya. Ini cewek keliatannya anak baik-baik. Ukhti gitu. Gue juga dikenalin sama dia dan dia baik sama gue. Tapi entah gimana kayak dibalikin lah kejadiannya. Mereka putus karena si cewek selingkuh sama mantannya. Di Jco, temen gue nahan nangis karena ngerasa sakit. Kita berdua sadar, dia lagi dibales.

---
"Jo, lo percaya karma ngga sih?" tanya gue.
"Gue nggak mau ngedoain lo yang jelek-jelek yaaa. Tapi, lo percaya karma ngga sih?"
Dia cuma menaikkan bahunya.

"Kalo lo jadi gue, lo bakal gimana?" tanyanya ke gue.
Gue diem..

"Berat sih..." jawab gue.
"Tapi kalo gue jadi lo, gue mau ga mau akan bersikap jantan. Lo boleh bilang gue lebay atau apa. Tapi terserah lo deh. Lo tau lah didikan bokap gue gimana. Yang pertama gue lakuin adalah gue akan ngehapus orang ketiga."
"Kenapa?" dia langsung motong.
"Ih," gue kesel "lo tuh kalo mau selingkuh ya jangan bego-bego banget lah! Mau aja sama cewek yang mau sama pacar orang!" gue bentak dia. Dia diem lagi. Gue berusaha tenang. Gue inget orang ini dateng ke gue bukan untuk dihakimi, dan gue ga berniat untuk menghakimi orang ini.
"Jo, lo sadar nggak sih, lo berdua tuh berpotensi jahat. Lo sama cewek itu. It's not gonna worked. Coba lo pikir baik-baik. Entah siapapun dari lo suatu waktu pasti akan nyakitin yang lainnya."
Dia diem lagi..
"Kalo gue jadi lo, gue akan bersikap layaknya laki-laki. Sayang atau nggak sayang gue sama pacar gue sekarang, gue akan tetap milih dia, gue akan bertanggungjawab. Sayang itu urusan waktu sebenernya, Jo. Mungkin nggak sekarang, tapi gue bakal balik ke dia, atau minimal gue bakal jagain dia sampe bener-bener ada yang sayang sama dia dan nerima dia apa adanya."
...
"Lo nggak bisa nyamain semua cowok kayak lo, yang bisa nerima cewek apa adanya. Lo juga ga bisa nyamain semua cewek, yang bakal nerima diri mereka yang udah rusak."
...
"Jo, lo bayangin sekarang. Mungkin aja cewek itu bisa punya masa depan yang lebih baik kalo lo ga ngerusakin dia. Sebaik-baiknya apapun yang dia dapat nanti, lo sadar ngga sih, kalo cewek itu berhak dapat yang lebih baik?"
...
"Jo, gue tau lo mungkin menyalahkan cewek itu juga. Tapi biar gimana pun dia cewek, Jo. Lo pikir lo tuh keluar darimana? Surga lo tuh ada dimanaaa?"
...
"Jo, lo bilang lo udah nyoba buat sayang sama dia. Ini tuh keadaannya udah bukan keadaan dimana lo bisa nyoba-nyoba. Ini adalah keadaan dimana lo udah tinggal jalanin aja. Karena lo berdua udah salah. Dan buat gue kalian, kalo emang orang bener yaa, emang harus bertanggungjawab."
...
"Pernah nggak sih lo mikir, kenapa lo bisa setega ini sama dia? Pernah nggak sih, lo mikir betapa luar biasanya dia mau maafin lo? Coba lo bayangin, Jo, kalo dia juga jahat sama lo. Dia yang mungkin udah di luar kontrolnya sendiri saking frustasi-nya sama keadaan. Gimana kalo dia dateng ke orangtua lo dan meminta pertanggungjawaban lo? Mau berapa orang lagi yang bakal lo sakitin? Gimana reaksi orangtua lo, orangtuanya? Atau kalo emang nggak gitu, pernah nggak sih lo mikir kalo dia sampe bunuh diri atau nyakitin dirinya sendiri. Pernah nggak sih lo mikir sampai situ? Gimana nanti lo bisa hidup di bawah rasa bersalah kalo sampai kayak gitu?"
...
"Gue tau gimana rasanya.. Gue tau sesakit apa rasanya.. Gue tau.. Gue tau banget.."
...
"Lo tau, sekitar tiga malam pertama gue bermasalah, gue butuh antimo buat ngebantu gue tidur. Gue cuma bisa nangis, dan semakin nangis itu malah bikin semakin sakit. Ada sesuatu yang mencekik di tenggorokan gue. Lo tau gue banget kan? Salah satu katup jantung atau apalah bagian jantung gue bermasalah karena turunan bokap gue itu, lo tau gimana sakitnya? Gue cuma bisa neken dada gue buat nahan sakitnya, karena kalo gue nangis gue makin nggak bisa nafas. Gue bahkan bersyukur gue nggak pingsan, cuma gue udah kayak orang linglung, yang gue ga kuat buat berdiri. Dan itu semua harus gue sembunyiin di depan keluarga gue. Gue sampe sakit lho, jo. Ah, kenapa gue harus alergi pereda nyeri. Lo tau nggak sih, kalo lo nyakitin seseorang, orang itu bisa mati karena ada pembuluh di hatinya yang putus. Aduh, lo kalo mau nyakitin orang baca-baca dulu kek!" kata gue kesel sendiri. Gue akhirnya nangis saking keselnya.

(gue inget temen SMA gue yang punya masalah kelainan jantung yang sama kayak gue bahkan lebih parah dari gue. Dia ngegelepar di toilet sekolah, nahan sakit. Gue bersyukur gue nggak sampe kayak gitu)

...
"Jo, lo tau nggak sih, sekarang Tuhan masih ngasih lo kesempatan buat bertanggungjawab lho."
...
"Cewek itu mungkin maafin lo, tapi kalo Tuhan nggak mau maafin lo, gimana?"
...
"Cewe itu mungkin nggak akan ngebales lo, tapi kalo Tuhan yang bales, gimana?"
...
"Lo nggak takut?"
...

Temen gue itu akhirnya nangis.
Romantis kan kita nangis berdua?
Tapi kasusnya beda, gue nangis karena inget yang dulu gue disakitin, dan dia nangis karena nyakitin orang.
Gue ga tau sih dia bakal gimana setelah curhatan ini. Gue sangat paham dan hapal temen gue yang satu ini. Yang keras kepalanya bahkan nggak bisa gue kalahin. Entah mungkin dia bakal ngelupain semua kata-kata ggue atau engga. Makanya gue nulis ini biar dia nggak lupa. Gue cuma berharap dia nggak lari dari masalah kayak gini. Kata bokap gue, kalo orang lari dari masalah, dia bakal ngehadapin masalah yang jauh lebih banyak lagi dan lebih berat lagi. Gue ga mau dia jadi jahat. Orang-orang yang gue sayang nggak boleh jadi orang jahat. Setelah gue pikir-pikir belakangan ini gue bilang bahwa temen gue ini tamak dan serakah. Dia ngga bisa mensyukuri apa yang dia punya sekarang, yang mencintai dia.

huft.
menguak luka yang belum kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar