Rabu, 29 Januari 2014

Hidup Itu Kerja Keras ;)

P.S. Pembicaraan hari ini dengan seorang teman mengingatkan gue akan note ini, yang gue bikin sekitar tahun 2011. Itu tulisannya gue singkat-singkat soalnya gue nulis di BB, di patas, jadi ribet.

Satu hal yg gw seneng dari angkot adalah, gw bisa belajar byk hal dari situ apalagi kehidupan.
Hari ini gw nguping orang ngomongin temennya. Nama temennya ini Nano, dia anak rantau dan agak bebel gt, dan hidupnya ga jelas krn blm dapet kerjaan, sementara bokapnya ga mau ngirimin dia duit.
Jadi dia maunya kerja di perusahaan2 internasional gitu, kaya chevron atau freeport, sementara dia ga punya modal apa2. Nano bkn sarjana istimewa, dgn ipk biasa aja dan tanpa achievment apapun dr kampus, yg kalo dibandingin sama pelamar lain di PT itu (salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia), jelas dia kalah.
"jadi orang jangan terlalu tinggi lah. Punya kemauan itu boleh, tapi harus ngukur diri juga. Jgn mau gampangnya doang, sementara ga ada effort dari kitanya. Hidup itu buat kerja keras. Kalo engga kita pasti kalah sama orang lain," kata orang di angkot itu.
hmm, kata2nya ngena bgt buat gw. Gw tuh bukan pekerja keras, gw pemalas. Ampe bokap-nyokap gw kesel bgt ama gw karna gw useless gtu lah. Gw juga ngerasa sih.
Walau gw sadar hidup itu untuk kerja keras, dan gw pernah ngerasain indahnya nikmatin hasil kerja keras, gw masih belum berubah. Gw sendiri juga kesel kenapa selama ini cuma sebatas niat! Ga berubah. Cuma di hati, ga terus ke otak buat di proses lebih lanjut.
Gw sadar, seharusnya yg kita pelajari bukan keberhasilannya, tapi proses dari kerja keras itu. Banyak hal yg udah gw pilih dan dalam prosesnya gw sadar kalo pilihan gw itu salah.
Sekarang gw kuliah di UI, kampus impian gw. Walaupun ini kampus impian gw, ini bukan sepenuhnya pilihan gw. Gw sebenernya ga mau kuliah. So far, gw ga tau pilihan gw ini bener atau salah.
Sebenernya gw jg ga seneng2 bgt masuk UI, karna gw cuma dpt d3 kom. Target utama gw s1 komunikasi, selain itu gw pgn sipil, arsi atau interior. Tapi males lah ama itungan.
Satu hal yg bikin gw seneng adalah, BC itu adalah hasil kerja keras gw. Sementara wkt itu temen2 gw sibuk ama UN, gw malah sibuk ama simak. Gw pelajarin th IPS, yg ga pernah gw pelajarin selama SMA. Ampe gw mabok gunung-sungai, sejarah, dan adam smith.
Itu juga sebenernya ga kerja keras bgt sh. Dari seharusnya 9x BTA, gw cuma masuk 6x. Itu jg dicampur pelajaran UN anak SMA, sisanya gw pelajarin yg gw mau aja ama yg sering keluar.

Banyak hal yg gw dapet dr kerja keras. Termasuk kegagalan. Gw juga sering gagal.
Pertama ketika gw rangking 33 pas kelas 1. Gw ga begitu pduli walau gw agak kesel karna gw yakin gw bisa lebih baik dr banyak orang. Tapi akhirnya gw berusaha jg ampe pas kelas 3 gw masuk 10 besar.
Kedua, yg paling bodoh adalah ketika gw gagal masuk Undip. Istilah kasarnya, gw th cuma nyapein diri sama buang2 uang! Gw sama sekali ga niat daftar itu. Dan itu bikin gw belajar. Gue ga akan berjuang untuk hal yang ga bener2 pengen gw perjuangkan.
Gagal yang lain, yg cukup ngecewain, adalah yg baru2 ini. Gw gagal jadi produser di radio kampus. Gw kecewa karna pengorbanannya cukup banyak.
Padahal gw seneng bgt tuh pas dapet sms panggilan kedua. Eh ternyata gw gagal. Setelah di press, gw kedepak. Ya, banyak orang hebat dan calon orang hebat disitu. Dan gw akui, gw bukan orang yang kreatif.
Kalo kata Maliq, 'yang kau inginkan tak selalu yang kau butuhkan'. Tapi buat gw, gw mau yang gw butuh. Kadang banyak hal yang lepas dari kalkulasi gw, yg bikin gw ga dapet apa yg gw mau.
Malah gobloknya, kadang kegagalan itu gw sendiri yang buat. Gw masih ga pernah cukup bekerja keras. Gw masih kalah dari banyak orang.
Orang bilang, gagal itu keberhasilan yang tertunda. Iya, karna dari kegagalan kita belajar untuk berhasil. Tapi masalahnya kita sering ga belajar dari kegagalan dan nganggep gagal itu harus dilupain. Gimane mau maju, kalo lo ga tau apa yang bikin lo gagal dan apa yang harus lo benerin.
Tapi ga cukup disitu, ampe gw juga sadar, kita juga harus maju dan ga boleh stuck sama satu hal.
Pernah suatu kali gw ngedown, ketika lagunya boys like girls yang judulnya go, menyadarkan gue.
Gw kadang ga bisa cerita hal2 pribadi gw, bahkan ke orang terdekat gw. Bahkan ketika gw down dan butuh temen. Lagu ini yang jadi temen gw.

Boys Like Girls - Go

Little change of the heart
Little light in the dark
Little hope that you just might find your way up out of here
‘Cause you’ve been hiding for days
Wasted and wasting away
But I got a little hope that today you’ll face your fears

Yeah I know that it’s not easy
I know that it’s so hard
Follow the lights to the city
And get up and

Go, take a chance and be strong
Or you could spend your whole life holding on
Don’t look back just go,
Take a breath, move along
Or you could spend your whole life holding on
You could spend your whole life holding on

Believe the tunnel can end
Believe your body can mend
Yeah I know you can make it through
‘Cause I believe in you
So let’s go put up a fight
Let’s go make everything alright
Go on and take a shot go give it all you got

Oh yeah I know that it’s not easy
I know that it’s hard
Yeah it’s not always pretty

Get up and go,
Take a chance and be strong
Or you could spend your whole life falling on
Don’t look back just go,
Take a breath and move along
You could spend your whole life holding on
You could spend your whole life holding on

Don’t wanna wake up to the telephone ring
Are you sitting down?
I need to tell you something
Enough is enough, you can stop waiting to breathe
And don’t wait up for me

Get up and go
Take a chance and be strong
You can spend your whole life holding on

Don’t look back just go
Take a breath and move along
You could spend your whole life holding on
Get up and go
Take a chance and be strong
Or you could spend your whole life holding on

Don’t look back just go
Take a breath, move along
Or you could spend your whole life holding on
You could spend your whole life holding on
Don’t spend your whole life holding on

Yeah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar