Sabtu, 18 Januari 2014

Mungkin Ini Masalah Kita Juga..

"Cinta Itu Buta. Tapi Cinta Bisa Bedain Mana BMW dan Mana BMX" - salah satu akun di twitter.

Hampir tengah malam ketika sebuah pesan singkat masuk ke hape gue..
"Ay, mau curhat."
"Oke.. Move to whatsapp yaa."
Akhirnya curhatan itu pun pindah ke whatsapp.

Yang mau curhat ini temen gue,seorang cowok, seumur sama gue, tapi dia udah kerja. Dia curhat dia lagi bete sama pacarnya, dan betenya kali ini to the max banget. Ceweknya temen gue ini umurnya lebih tua satu tahun sama kami, dan udah kerja juga..

Jadi gini, katanya, ceweknya ini kebetulan anak dari seorang pejabat kepolisian. Jadi kita mungkin akan sangat mengerti bagaimana gaya hidupnya, tanpa perlu dijelasin lagi lebih lanjut sama temen gue ini. Nah, temen gue ini nggak suka sama gaya hidupnya yang kemana-mana naik mobil, kalo dianter naik motor nggak mau, ribet katanya bawaannya banyak. Sesimple itulah penjelasan awalnya. Nah, terus temen gue nggak tau nih sekarang status dia gimana sama pacarnya ini. Mereka udah sebulan nggak ketemu, hubungannya cuma sebatas sms doang, karena memang masing-masing juga lagi sibuk. Tapi buat dia yang paling berat emang soal gayanya pacarnya, yang menurut dia nggak sombong sih, tapi apa ya, pokoknya nggak bisa dibilangin jangan terlalu hidup enak, gitu lah. Dia berharap, ceweknya ini bisa lebih peka sama lingkungan seenggaknya. Dia bilang juga, kalo mau serius sama dia, jangan harap bisa hidup enak, harus mulai dari 0.
Mereka udah lumayan sering putus-nyambung selama sekitar 2 atau 3 tahun pacaran seinget gue. Nah, setiap temen gue mau mundur pelan-pelan, si ceweknya ini selalu bilang kangen. Temen gue ini jadi bingung. Tapi dia ragu kalo gayanya kayak gini terus. Sayangnya, si ceweknya ini setiap dibilangin pasti selalu balikin omongan itu. Katanya, ceweknya selalu bilang, "ya aku masih nyaman naik mobil" atau "yaa, kan kalo naik bis nunggunya lama".
Temen gue ini sebenernya gapapa mau naik mobil atau apa. Tapi dia cuma mau ngajarin ceweknya ini, kalo masih banyak orang yang nggak seberuntung dia, cobalah sesekali naik angkutan. Gituuu. Temen gue sih mikirnya, kalo dia sampe jadi sama cewek ini, dan dia masih cuma punya motor terus gayanya masih juga kayak gitu, nantinya gimana. Terus dia bingung.

Mulai lah gue menanggapi.
Gue bilang sama temen gue ini, kalo gue sebenernya bingung mau nanggapin kayak gimana. karena gue juga sempet di protes halus sama pacar gue. Yaaa kira-kira sama lah masalahnya. Pacar gue ini takut kalo gue nanti akan selalu disuapin sama orangtua gue.
Gue bilang lagi sama temen gue, gue sebenernya risih dibilang kayak gitu, seakan-akan gue manja banget. Tapi gue ga bisa apa-apa lagi karena emang keadaannya begitu. Gue jadian sama pacar gue ini ketika posisi gue lagi enak. Dan sayangnya, enaknya gue itu emang enak dari lungsuran orangtua gue. Ngerti lah pokoknya gue kenapa pacar gue sampe ngomong kayak gitu. Dia pasti ngeliat dan mikirin apa yang dia liat doang, dan memang yang selama ini dia liat tuh hidup gue nyaman banget. Pacar gue jelas beda sama temen gue yang ngerti dan tau gue dulu gimana. Gitu..
Tapi, ya gue bilang, temen gue ini ga bisa nyamain gue sama ceweknya. Gue mungkin saat ini hidup enak, tapi ya gue cuma sekedar bagian dari kelas menengah ngehek, sementara pacarnya itu emang anak pejabat, yang gue yakin emang hidupnya dari dulu enak. Ya nggak pernah susah sekali lah minimal. Susah kalo ngarepin dia mau hidup nggak enak.
Nah itu dia, kata temen gue. Mau ditaro dimana muka laki-laki. Menurut dia, kalo udah nikah nanti, cewek-cewek pasti maunya bergantung hidup sama lakinya. Terus kalo nggak bisa, mau ditaro dimana muka lakinya. Dia nggak suka gayanya ceweknya yang bilang ga borjuis tapi secara ga langsung nunjukkin sikapnya yang kayak gitu.

Err... Gue bingung harus nanggapin dia gimana. Karena menurut gue, mungkin aja waktu itu pacar gue punya pikiran kayak gini. Dan gue takutnya emang gue kayak cewek ini (ya semoga aja engga yaa.. atau kalaupun ternyata kayak gitu, semoga gue bisa belajar untuk berubah. aamiin). Yang jelas menurut gue perbedaan gue sama cewek ini adalah si cewek ini pasti nggak pernah hidup susah. Minimal dia waktu kecil nggak pernah disuruh bantuin bapaknya dempul lemari di tengah bolong dulu kalo mau minta uang jajan. :(

Temen gue ini pengennya ngasih unjuk ke ceweknya kalo masih banyak orang yang nggak seberuntung mereka, dan ada kemungkinan mereka mulai dari itu juga, kayak orang lain. Tapi si ceweknya ini cuma iya-iya aja, nggak pernah berubah. Alasannya masih nyaman lah atau apalah, pokoknya semua kata-katanya temen gue ini selalu dibalikin. Saking keselnya, temen gue ini sampe mau bilang sama pacarnya, kalo dia bisa hidup enak tuh justru dari pajak orang lain yang hidupnya susah. Dari orang-orang ini dia bisa punya mobil, makan enak, fasilitas negara lengkap lah. Tapi temen gue ga enak mau ngomong gitu. Gue bilang jangan ngomong gitu lah. Itu mah sama aja nyinggung bokapnya kalo bawa-bawa fasilitas yang dikasih negara.
Temen gue bilang, kalo dibilang sayang sih sayang. Tapi pas gue tanya banyakan betenya atau sayangnya, dia bilang banyakan betenya.

Selain dari masalah mereka berdua, ternyata orangtuanya temen gue ini punya masalah yang agak sama, sama orangtuanya ceweknya. Kebetulan mereka gabung di satu gereja. Dan temen gue ini juga ga suka sama gaya orangtuanya. Jadi dia menarik kesimpulan kalo ini semua tuh emang berakar dari uang. Gitu menurut dia.

begitu curhatan dia.

Terus temen gue ini langsung gue tembak. Sumpah, gue ga pengen menyarankan dia untuk putus sama pacarnya. Jangan ngoleksi mantan lah. Gue rasa sebenernya semua masalah bisa diatasi dan diselesaiin kalo mereka berdua saling ngomong dan saling mengerti satu sama lain. Tapi dia bilang, kalo kayak gini terus dia ga kuat. Dia selalu nahan kalo mau ngritik ceweknya, padahal itu udah di ujung lidah banget. Dia malah ngga bisa apa-apa. Sementara kalo dia mau ngejalaninnya juga malah jadi bermuka dua. Di satu sisi dia senyum, tapi di sisi lain dia nggak suka sama gaya ceweknya dan keluarganya yang kasarnya 'nggak tau terima kasih sama rakyat'.

Karena dia butuh saran yaudah gue saranin sekenanya (tapi ga asal yaa). Menurut gue, urusan uang ini, si temen gue emang harus nembak ceweknya. Temen gue ini harus bilang, "kamu jangan anggap aku ini kaya. Yang kaya itu papa aku. Dan sebagai anak cowok, aku ngga bisa terus hidup dari papa aku. Aku cuma punya segini. Kamu harus bisa nerima aku. Kalo aku ngikutin kamu terus, aku ngga akan bisa nabung. Darimana aku bisa ngehidupin kamu nanti. Kamu sekarang tinggal pilih, mau bantuin aku atau engga. Toh yang aku lakuin buat kamu juga. Kalo kamu mau, tolong kamu berubah. Kalo engga ya silahkan, kamu boleh cari yang lebih baik."
Aduh gue jahat banget ya, tapi waktu itu gue merasa temen gue ini harus tegas. Temen gue bilang kalo dulu dia pernah ngomong gitu, tapi ga sampe setegas harus milih. Terus gue bilang, cobalah kasih dia kesempatan dulu. Karena menurut gue ya, mungkin aja... mungkiiiin kalo temen gue ini ga bisa tegas ya pacarnya juga ga bisa ngerti. Dan kalo misalnya nanti pacarnya udah rela berkorban untuk berubah demi temen gue ini, masa iya sih temen gue ini ga tergerak hatinya buat berubah juga. Dua-duanya harus sama-sama berkorban.

Tapi si temen gue ini keukeuh. Dia udah bener-bener nggak suka. Dia lebih milih ceweknya ini dapat orang yang lebih baik. Gue juga keukeuh ga menyarankan dia buat putus. Tapi temen gue bilang dia ga bisa pura-pura. Gue bilang gue ngerti keadaan dia gimana. Lalu gue menyarankan jalan tengah. Jadi gue menyarankan gimana kalo temen gue ini bikin deadline. Pertama dia harus ngomong sama pacarnya itu. Harus jujur soal semuanya. Tapi jangan minta putus dulu. Katakanlah deadline ini sekitar 2 sampe 3 bulan. Nah, entah gimana caranya, temen gue ini harus berusaha dengan sangat buat sayang lagi sama pacarnya, walaupun kasarnya cuma akting. Tapi buat gue, temen gue ini emang harus ngilangin semua egonya, hilangin semua kepentingan dia, pikirin dulu perasaan pacarnya. Temen gue ini harus inget waktu awal-awal pacaran dulu. Buat gue ini harus dicoba. Siapa tau berubah.

Nah, temen gue bilang, selama ini mereka ketemu, dia udah nyoba ilangin egonya seilang-ilangnya, termasuk ketika ketemu bokapnya. Tapi jadinya malah beradu antara egonya sama ketidaksukaannya. Itu yang susah. Jadinya malah kesel sendiri.

Terus gue bilang deh, gue gatau lagi. Kapasitas gue cuma nyampe situ. Tapi menurut gue, di tenggat deadline itu semuanya bakal keliatan. Orang pacaran itu, kalo ngomongin masalah serius pasti suka langsung ngedrop. Nah disitu deh baru keliatan dia serius nggak sama lo. Kalo udah males, dia bakalan pergi dengan sendirinya. Tapi kalo dia serius, dia pasti bakalan berubah. Dan bodoh aja menurut gue kalo lo ngga berubah juga.

Gue bilang sama temen gue. Mungkin gue juga bermasalah kayak gini. Tapi satu yang selalu gue sesali adalah gue ga pernah punya kesempatan buat dengerin apa sebenerya maunya pacar gue dan apa masalahnya selama ini. Buat gue kalo udah berdua, semua masalah harus di share. Dan sebagai cowok, terutama udah umur segini, udah harus bisa jadi decision maker. Ngga bisa ya, terserah, dan jawaban diplomatis lain. Sebagai cowok juga ga bisa ikutin ceweknya terus. Gue yakin, mostly, cewek juga akan manut-manut aja, kalo emang niat serius sama pacarnya.  Tapi masalahnya sebagian orang nggak pernah ngomong masalah sebenernya. Lo pikir orang lain mau tau dari mana, kalo lo ngga pernah ngomong? Wangsit?

Begitulah kurang lebih curhatannya dan tanggapan gue. Gue juga bingung sih. Karena masalah ini di luar kapasitas gue. Gue cuma merasa, mungkin aja gue sempet punya masalah yang sama. Gue cuma berharap, ceweknya temen gue ini punya kesempatan buat tau masalah sebenernya. Siapa tau bisa berubah. Dan kalo misalnya udah berubah nih yaa, terus ternyata begitu lagi, baru deh mesti diselesaiin. Tapi seenggaknya ceweknya tau, masalahnya apa. Jangan sampe dia gatau apa-apa terus tau-tau putus gitu aja.

Ngomong-ngomong masalah hidup keenakan ini, suatu waktu gue pernah takut, dan ketakutan itu sempet gue tulis juga disini. Tapi gue sadar gue sama sekali ga bisa nyalahin siapapun disini. Memang sekarang ya begitu keadaannya. Selama sekitar dua semester terakhir gue kuliah kemarin ya gue bawa mobil, terutama kalo ada Chika atau Shisi. Emang itu lebih enak dan efisien. Jadi gue seringkali rela gue ga jajan di kampus dan bawa bekel daripada gue naik bis dan angkot. Apalagi setelah jatah patas dikurangin, dan gue sering pulang malem banget karena tugas atau nonton musik. Tapi waktu itu gue emang lagi megang duit lebih sih, jadi gue sering jajan dan kemana-mana naik mobil. Dan memang lingkungan gue pada saat itu sangat mendukung gue untuk hidup seperti itu. Bahkan dengan hidup gue yang begitu aja, yang udah wah buat gue, itu masih kurang dibandingin beberapa temen gue. Gue selalu berharap gue bisa untuk selalu nunduk dan merendah. Sampe suatu waktu gue pernah minta tolong sama temen gue, minta tolong banget, tolong ingetin gue kalo gue udah terlalu tinggi.
Semenjak gue keluar dari rumah, gue mulai sadar nih kalo gue ga boleh terlalu royal lagi. Seenggaknya dikurangin lah. Jangan samain hidup di kota besar sama di kota kecil. Gue harus bisa ngesave duit lebih banyak daripada sebelumnya, walaupun jatah uang gue dikurangin dari jatah gue hidup di rumah. Semenjak gue berniat serius sama partner gue waktu itu, gue belajar buat nabung. Di rumah gue punya celengan ayam, yang emang ga seberapa sih, tapi seenggaknya gue isi terus. Dan gue dulu emang ngepost-in uang buat beberapa hal termasuk pacaran. Baru deh semenjak gue di Solo, gue belajar buat ngepost-in duit lagi. Tapi gue bingung kok gue ga bisa nabung disana. Ya nabung sih, tapi kok segitu-segitu ajaa.
Untuk nyiapin liburan ini aja gue sempet kepikiran masalah uang. Ya gue udah ngebayangin gue akan kesana-kesini, ketemu si itu dan si ini pasti akan keluar uang. Akhirnya sekarang selama liburan ini, gue jarang jalan kemana-mana, karena gue pengen nahan uang gue dulu. Siapa tau bisa buat beli rice cooker demi hidup lebih hemat di kosan nanti.  Alhamdulillahnya selama gue keluar ini, gue selalu ditraktir temen gue.
Gue tanya sama temen gue disana. Ternyata temen gue juga punya masalah yang sama. Uang disana cuma sekedar lewat. Terus kita mikir, semester besok kita harus berubah. Kita harus jauh lebih hemat dari sekarang. Apalagi karena kita belum dapat pekerjaan yaa. Kita harus bisa ngerti lah. Mungkin emang sekarang kita gabisa kayak temen-temen lain yang udah dikasih kesempatan buat nyari duit sendiri. Tapi gue yakin kita ga sebodoh itu buat ngehabis-habisin duit yang ada. Kalo masalah duitnya ada atau engga, gue yakin duitnya mah ada. Ibaratnya kemarin ada pilihan kost-kostan 600rb- 1,5jt yang enak-enak dan kita punya kesempatan buat ngekost disitu, tapi kita tetep lebih milih kost-an yang perbulan sekitar 350rb.

Ya dari curhatan temen gue dan dari tweet di atas gue ngerti sih. Memang cewek mengharapkan kemapanan, dan cowok mengharapkan kesederhanaan. Ya mungkin emang udah begitu keadaannya yaa. Tapi apa segitunya ya kondisinya, kami, gue dan beberapa cewek lain, sebegitu manjanya sampai diragukan begitu? Apa salah, kalo misalnya yaa ada perempuan yang mengharapkan hidup enak? Gue suka bingung aja, apa salahnya mengerti satu sama lain. Cowok mengerti cewek, dan cewek ngertiin cowok. Ya kalo misalnya pacar gue sampe mikir kayak gitu juga mungkin gue juga sempet salah sih. Mungkin gue juga ga bisa ngertiin pacar gue. Mungkin aja gue juga sama aja sama ceweknya temen gue itu. Mungkin masing-masing orang punya garis rezeki yang berbeda-beda. Mungkin gue yang sekarang masih terus disuapin sama orangtua gue, dan ada beberapa hal yang dikasih lebih sama orangtua gue. Tapi gue yakin orangtua gue tau sebatas apa tugas mereka. Orangtua gue pernah bilang, anak perempuan kalo udah dinikahin sama laki-laki ya harus ikut laki-laki itu. Tapi orangtua gue juga ngelarang gue buat menikah sebelum gue kerja which is menurut gue mereka jelas berharap gue punya pendapatan di luar pendapatan suami gue nantinya.Ya tapi itu tadi, apapun itu, kalo memang seandainya gue agak lupa diri, gue berharap gue masih bisa diingetin sama manusia, jangan sampe sama Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar