Kamis, 27 Maret 2014

Lima Tahun Lagi....

Gue mau jadi apa ya lima tahun lagi....

Dulu waktu jaman-jaman baru jadi mahasiswa, gue pernah dapet mata kuliah namanya creative thinking. Seru gitu kuliahnya, nggak kayak kuliah-kuliah yang lain. Anw, waktu itu gue pernah dapet tugas.. Tugasnya tuh.. emm jadi gini, kalo di barat, ada kebiasaan kalo di pemakaman, beberapa orang menyampaikan kesan tentang si orang yang meninggal. Nah, tugasnya, lo disuruh nulis apa yang lo mau orang lain sebutin tentang lo di pemakaman itu. Yaaa nggak di pemakaman juga siiih.. Tapi kalo ada kebiasaan kayak gitu, kira-kira lo mau orang lain ngasih kesan apa tentang lo, intinya gitu lah.
Nah terus, kemarin kan gue daftar Aiesec. Nah, ada tuh pertanyaan, apa yang kira-kira terjadi dalam lima tahun lagi..

Well, gue jadi tertarik menulis rancangan hidup dalam lima tahun lagi.. tapi gue mau nulisnya per tahun gitu.

Tahun Pertama
Hmm.. Karena ini masih awal tahun, mungkin ini sekaligus jadi resolusi buat gue kali yaa.. jadi anggap aja tulisan ini ditulis pas awal tahun, dan prosesnya dilakukan di tahun ini sampe awal tahun depan, itungannya dari umur aja lah, di umur gue yang ke 22. Banyak sih yang gue mau di tahun ini.
Pertama, gue mau keluar negeri (teteeeep). Entah itu via AIESEC atau lewat yang lain. Yang penting gue bisa ngisi paspor gue untuk pertama kali. Kedua, gue pengen dapet kerjaan baru, pengennya sih kerja di radio atau di koran gitu.. atau kalo bisa dua-duanya. Terus, sebelum gue mulai sibuk di tahun akhir gue kuliah nanti, gue pengen bisa aktif ikut-ikut kegiatan non akademik disini, jadi gue bisa nambah temen juga dan punya kegiatan yang bikin gue betah disini. Terus apa lagi ya? Gue pengen punya pacar sih. Hhaha. Boleh kan ya? Boleh lah. Terserah gue. :p


Tahun Kedua
Wait, tahun kedua ini berarti tahun berapa ya? Oh, berarti prosesnya terjadi di tahun 2015-2016. Gue umur 23. Emm.. tahun kedua ini mungkin masuk ke tahun akhir gue kuliah S1. Jadi gue mau di tahun ini gue udah lulus dengan nilai baik dan ada pendamping wisudanya tanpa nyewa. hhaha. Itu yang utama. Sampai detik ini gue belum memutuskan apa yang akan gue lakukan setelah gue lulus nanti. Gue pengen sekolah lagi sih. Tapi kalo gue pikir-pikir, gue harus mikirin dua adek gue juga, jadi mungkin di tahun ini gue bakalan kerja. Di tahun ini juga gue bakalan keluar negeri lagi, di negeri yang lain dari negeri yang sebelumnya gue datengin. Di tahun ini juga gue berharap gue udah mulai bisa nikmatin hasil investasi gue. Bentuk investasinya apa, biar gue pikirin sambil jalan.

Btw, di rancangan hidup gue yang gue bikin sekitar akhir SMA, di umur ini sebenernya gue berharap gue udah menikah. Hhehe. Culun ya? Di saat orang lain pengen ini-itu, gue malah mau nikah. Tapi gue pengen cepet-cepet liat bokap-nyokap gue gendong cucu. L Emm.. mengingat gue sekarang lagi idle, gue nggak terlalu ngoyo lah soal ini. Gimana Allah melihat kesiapan gue aja, walaupun gue tetep berharap gue sudah menikah di umur ini.


Tahun Ketiga
Umur gue udah 24. Udah usia kerja, jadi jelas gue udah kerja. Gue pengen kerja jadi jurnalis atau jadi pegawai negeri. Mungkin lo heran kenapa orang kayak gue pengen jadi pegawai negeri. Ya gue sendiri nggak tau sih, tapi gue pengen aja. Pengennya di Kemenlu atau Kominfo. Tapi pengen banget di Kemenlu.
Kayak tahun-tahun sebelumnya, gue pengen keluar negeri lagi. Hhaha. Investasi gue semakin meningkat seiring keuangan gue yang membaik.


Tahun Keempat
Umur gue udah 25. Anjir, seperempat abad. Gue pengennya gue udah punya anak malah di umur segini. Hhaha. Umur 25 tuh udah mateng belum ya? Gue pengennya sih udah. Gue pengennya di umur segini bahkan gue udah jadi bagian dari keluarga muda yang bahagia.
Gue pengen keluar negeri lagiiii!! Gue pengennya di tahun ini gue udah ke Belanda! Man jadda wa jadda lah.

Tahun Kelima.
Umur gue 26. Tahun kelima ini mulai bingung gue mau nulis apa. Seakan-akan lima tahun itu jauh banget dari sekarang. Gue blank abis disini. Gue hanya berharap gue sudah mencapai kematangan yang lebih baik untuk diri gue sendiri maupun keluarga dan orang-orang di sekitar gue. Untuk karir gue, gue berharap gue udah ada di posisi yang bagus.
Selain keluar negeri seperti biasa, gue pengennya di umur segini gue udah menginjak tanah suci. Kalo bisa sih gue maunya sama suami gue kesini. Kalo bisa malah sekeluarga, sama nyokap-bokap dan adek-adek gue.
Selain itu semua, gue pengen punya penghasilan di luar gaji. Dan gue pengen punya investasi jangka panjang buat anak-anak gue.

---***---

Hhaha.. susah juga ya ternyata bikin rancana jangka panjang. Gini, dulu kurang lebih selepas gue lulus SMA dan awal-awal gue kuliah gue pernah bikin resolusi gitu. Emm..resolusi pertama itu gue bikin resolusi tahunan. Jadi kalo ga salah waktu itu gue bikin resolusi 2011. Nah selain itu, gue juga bikin rencana hidup gue sih. Gue waktu itu mau di umur 21 gue udah lulus kuliah d3 gue, terus langsung kerja, di umur 23 gue nikah, dan di umur 25 gue ambil S1. Tapi ternyata rencana tinggallah rencana. Gue lulus di umur 21, beneeeer. Tapi setelah itu gue tergiur sama dunia kuliah. Jadilah gue kuliah lagi, yang kemungkinan gue lulus lagi di umur 23. Umur dimana seharusnya depending on rencana gue sebelumnya adalah gue udah harus menikah. Bisa aja sih gue nikah (kalo ada calonnya juga), tapi nyokap gue nggak ngebolehin gue nikah kalo gue belum kerja. Gue harus punya penghasilan sendiri kata nyokap gue. Jadi nggak tau deh tahun depan bakal gimana (tahun depan gue udah masuk umur 23).

Ambil pilihan buat sekolah lagi emang agak-agak ngeberantakin rencana gue sih. Gue jadi bingung gitu. Tapi apapun itu, gue yakin pasti akan ada alasan sih kenapa gue bisa ke Solo. Mungkin alasannya bisa jadi terlihat atau nggak keliatan, tapi pasti akan ada alasan kenapa akhirnya gue memilih untuk kuliah dulu dibanding kerja, dan kenapa gue milih buat kuliah di Solo daripada di Jakarta. Daun jatuh aja ada alasannya kan? Gue yakin setiap pilihan manusia juga begitu. Nah tugas gue sekarang adalah tinggal bertanggungjawab dan berkomitmen sama apa yang gue pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar