Sabtu, 15 Maret 2014

My Solo's Early Life

Ini adalah bulan ke.... uhmm bulan ke lima atau ke enam minus sebulan gue hidup di Solo. Surakarta. Dan di bulan kesekian ini, masih banyak aja yang ngetawain dan bingung sama pilihan gue buat lanjutin kuliah di sini.

Well. Gue bisa ada di sini intinya adalah akibat kegalauan gue. Asikk. Bukan galau cinta sih. Galau hidup. Setelah lulus kuliah diploma gue kemarin, gue dihadapkan dengan dua pilihan, lanjut kuliah atau langsung kerja. Uhmm.. sebenernya gue pengen kerja. Tapi ada beberapa masukan dari orang-orang di sekitar gue supaya gue lanjut kuliah aja. Gue tanya orangtua gue, mereka jawab terserah. Gue tambah bingung dong. Akhirnya waktu itu gue nanya sama pacar gue, orang terdekat gue setelah orangtua. Pacar gue waktu itu bilang kuliah aja.

So, sebagai pacar yang baik gue akhirnya memutuskan untuk kuliah. Hhaha. Engga juga ding. Diantara sekian orang yang gue tanya Cuma dia doang yang bisa ngasih gue jawaban, sementara yang lainnya Cuma jawab terserah gue. Selain itu ada beberapa hal yang kita diskusikan berdua, jadi pada saat itu gue setuju sama sarannya dia buat kuliah dulu. Sebelum memilih buat kuliah di sini sebenernya gue lebih memilih buat kuliah di Bali, tapi diliat dari informasinya, waktu itu pendaftarannya udah tutup. Padahal sejujurnya, gue ngincer Bali banget.

Awal hidup di Solo.. bisa dibilang cukup berat sih, walaupun nggak seberat hidup bokap di India mungkin. Tapi awal-awal hidup di sini lumayan nguras pikiran dan bikin stress, sampai sakit. Pertama gue dateng, cuaca di Solo lagi panas-panasnya. Terus ada beberapa perbedaan sama kehidupan di Jakarta atau di Bekasi. Awal dateng ke sini, gue numpang di kosan Desio. Tidur bertiga sama Ulil, di atas kasur busa ukuran 120. Dempet-dempetan kayak pindang deh pokoknya. Terus susah cari tempat makan di daerah kosannya Desio.

Terus gue mulai kuliah. Sistem kuliahnya sebenernya sama aja sih kayak dulu di Depok. Tapiiiii.... banyak minusnya selama kuliah disini. Dosen-dosennya bisa dibilang, kasarnya, nggak profesional. Mereka bisa ganti jadwal kuliah sesuai dengan alasan pribadi mereka. Terus dosennya juga sering nggak masuk. Dan nggak tau juga sih, kalo dosen teori di kampus gue dulu gimana, tapi dosen disini, sejauh yang gue dapet, agak betein bawa kelasnya. Fasilitas kampus apalagi. AC aja sering mati.

Kalo temen-temennya, umm, dibilang bermasalah juga engga sih, tapi dibilang baik-baik aja juga engga. Disini temen gue agak kebagi dua gitu. Pendatang dan orang lokal. Perbedayaan budaya jelas jadi pemisah diantara dua kelompok ini. Yang menurut gue agak aneh sih, dua kelompok ini sama-sama nggak mau, atau udah males, belajar dari satu sama lain. Entah kenapa semua jadi nggak punya pemikiran yang terbuka dan nggak bisa mempoisiskan dirinya di tempat yang lain. Tapi so far, we can handle it as good as it supposed to be.

Hidup disini agak sedikit mengubah gue. Gue harus bisa menjadi sedewasa mungkin dan secepat gue bisa. Terutama setelah balik dari liburan kemarin, dan gue membawa beberapa masalah. Pertama yang jelas jadi prioritas gue adalah keuangan gue, yang gue sadar beda banget sama keuangan gue di rumah. Dengan jumlah income yang hampir sama, di rumah gue nggak perlu mikirin makan atau sabun, shampoo, detergen, dll. Sementara disini, kalo gue makan indomie, itu sama dengan makan pokok gue.

Kedua. Di rumah, gue bisa mengharapkan servis dari temen-temen gue. Sebagai seorang princess di antara para penyamun, ada banyak orang yang bisa gue minta pertolongan dan gue ganggu hidupnya setiap gue butuh mereka. Disini? Gue tinggal dengan empat cewek, yang berbeda mindset sama gue. Hhehe.

Hidup disini mungkin agak susah. Ga heran kalo tiga orang temen gue disini, termasuk Ulil, nyerah. Dua orang yang ngebantu gue banget selama gue tinggal disini tuh dua orang, Desio sama Gembel. Gembel sebenernya kontribusinya Cuma jadi tong sampah doang sih setiap gue curhat. Tapi hiburannya itu ngebantu gue banget buat nggak stress selama disini. Yang paling joss banget adalah waktu si Gembel bilang dia mau minta nomor hp nyokap gue. Dia mau bilang supaya nyokap gue nggak curhat aneh-aneh tentang rumah yang bikin gue kepikiran terus sampe stress. Emang sih waktu itu ada beberapa masalah di rumah yang bikin gue stress banget, dan gue ga bisa cerita ke siapa-siapa. Gue pernah cerita ke pacar gue, tapi ternyata responnya ga sesuai sama apa yang gue mau. Nah, kalo Desio jangan ditanya lagi deh. Dia tau banget seluk beluk hidup gue disini. Makanya, dia jadi orang yang paling kesel waktu gue cerita ada ‘orang’ yang seneng-seneng sementara gue disini kesusahan. Hhaha.

Masih ada sisa waktu kurang lebih sampai akhir tahun depan buat gue hidup di Solo. Entah akan ada cerita apa lagi nanti. Tapi yang jelas, gue akan menulis lagi banyak cerita tentang hidup gue disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar