Sabtu, 10 Desember 2016

Analogi Sepatu

Sekitar satu bulan yang lalu, gue ngajak nyokap buat nemenin gue beli sepatu. Sepatu ini udah lama banget pengen gue beli, dan kebetulan gue juga butuh sepatu baru (karena gue ke kantor pake sepatu bokap gue yang ukurannya 4x ukuran kaki gue selama ini). Standard sih sepatunya, cuma sepatu sneakers putih ala-ala anak tumblr masa qni~
Nyampe di mall, gue ga langsung ke store merk sepatu yang gue tuju, tapi ke store lain. Di store itu gue milih-milih sepatu, kali aja ada yang kuy. Tapi ternyata harganya mahal-mahal buat keuangan gue waktu itu. Sayangnya, nyokap gue justru seneng banget sama sepatu itu. Gue akhirnya bilang, 'Ma, liat yang lain lagi deh', sambil ngajak nyokap nyari ke store yang sebenernya emang gue mau.
Sambil jalan-jalan nyari store merk sepatu yang gue mau, gue coba masuk ke 3 stores yang beda buat nyari sneakers putih yang harganya bisa di bawah sneakers yang gue mau, tapi at least warnanya putih. Tapi sayang, di 3 stores itu baik gue atau nyokap sama-sama nggak sreg sama pilihan sepatu yang ada.
Akhirnya, gue sama nyokap ke store merk sepatu yang gue mau. Ternyata ada tuh sneakers yang gue mau, walaupun bukan type yang gue mau tapi at least agak mirip. Harganya juga lumayan mahal, tapi nggak semahal sepatu pertama yang nyokap suka. Dan sayangnya, nyokap juga ga seneng sama sepatu ini.
Ending dari sneakers hunting waktu itu adalah gue akhirnya beli sepatu yang nyokap seneng. Dengan harga 3x lipat lebih mahal dari budget dan target awal gue. Tapi setelah gue pikir-pikir yawdalahyaaaa~ gue masih bisa beli sepatu seharga 1/3 harga sepatu ini nantinya. Awalnya, gue beli atas dasar mau nyenengin nyokap gue aja.
Ternyata eh ternyata, sepatu yang gue beli dengan setengah hati itu, sekarang jadi sepatu yang gue sayang luar biasa. Sol-nya enak banget, ada bantalan empuknya gitu yang bikin kita nggak pegel kalo lagi berdiri lama (maklum anker keras hidupnya!). Kalo gue lari ngejar kereta juga sepatu ini enak banget, enteng.
Btw, kemarin gue pulang bareng seorang temen. Dia gue minta buat nyeritain tentang kisah baru yang rencananya mau dia rajut ama seorang cewe (dd dd gmz lebih tepatnya).
Nah, sebelum sama si cewek ini, si temen gue ini sempet berencana buat deket sama seorang cewek. Cewek ini baik, dari agama sampe pribadinya insyaAllah baik dan udah layak diperistri. Sayangnya, niat buat taarufan ini justru terhalang dari orangtua si temen gue, karena satu dan lain hal. Pas gue tanya, "terus lo gimana?", si temen gue itu cuma jawab "Yaa sebenernya kecewa sih, tapi gue yakin nyokap lebih tau mana yang lebih baik buat anaknya".
Gue tiba-tiba jadi keingetan soal sepatu kesayangan gue. Waktu itu gue ga mau sama pilihan nyokap gue, bukan karena pilihan nyokap gue jelek, nggak modis, dsb. Tapi justru lebih karena sepatu itu terlalu bagus dan mahal buat gue, yang menurut gue ga affordable dan ngeliat keuangan gue yang segitu, gue lebih milih buat beli sepatu yang biasa aja. Toh sepatu yang biasa aja, asal nyaman dan warnanya putih (yang gue mau banget), udah cukup buat memenuhi kebutuhan gue 'saat itu'. Tapi setelah gue beli sepatu itu dan gue pake selama sebulan ini, gue baru sadar ini tuh something that worth to buy! Sepatu ini nggak cuma ngasih style dan nyaman, tapi nyaman banget. Plus pride! Seriusan, sepatu ini banyak yang lirik. Gue bahkan nggak nyangka sebegitunya.
Gara-gara cerita si temen gue dan sepatu itu, gue jadi paham, ternyata begitu sebenernya cara kerja ucapan orangtua. Futuristic abis!  Dia bisa maju sekian waktu ke depan. Dari dulu sering banget gue beda pendapat sama nyokap-bokap gue, dan emang gue akui seringkali ada masa di mana gue ngomong dalam hati, 'ah, coba dulu ikut apa kata orangtua'. Entah sistemnya gimana, tapi konspirasi antara feeling dan ridho orangtua seringkali menang mutlak kalo udah diadu sama ego kita buat milih suatu hal.
Ini yang ngebuat gue pada akhirnya memutuskan buat nurunin ego dan ngalah, buat nerima saran dari orangtua gue buat nentuin beberapa pilihan hidup gue terutama yang essential. Alesannya, nggak lebih dari sekedar berharap ridho dari keduanya yang jadi wakil perantara ridho Tuhan di hidup ini. Dengan gue nurut apa kemauan mereka gue cuma berharap nantinya, bukan cuma gue yang bahagia sama keputusan yang gue ambil, tapi juga orangtua gue dan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar