Kamis, 10 April 2014

Tour de Tawangmangu!!

Waktu liburan long weekend di akhir Maret kemarin, beberapa temen kosan gue, Laras, Nurian, sama Dita, pulang ke rumah. Jadilah gue, Awey, sama Mami, ngablu di kosan. Nah, daripada ngablu banget di kosan, temen gue Kajol dan Ricky berbaik hati mau nemenin kita jalan-jalan, terserah kita mau kemana. Akhirnya di long weekend itu, gue ngehedon abis. Jalan-jalan cantik sama Oci sama Awey ke The Park, terus makan gudeg cakar tengah malem, terus malam mingguan di McD, sampe akhirnya hari Senin-nya kita mutusin buat touring naik motor ke Tawangmangu!! Yeay!!

Perjalanan ke Tawangmangu sendiri gue rencanain jam 9 pagi, daaaaaan seperti biasa ngaret karena Kajol belum bangun. Jadilah kita berangkat sekitar jam setengah 11 atau jam 11 gitu gue lupa. Pas mau berangkat Kajol sempet nanya, mau naik bis atau naik motor. Walaupun gue agak ragu karena rem gue culun, gue nekat aja mau bawa motor ke TW. Sampe Karanganyar, malah ban motor Kajol yang bocor. Btw sebelum berangkat kita sempet nelfon temen gue yang lain namanya Febrian alias Ingsun buat ikut kita jalan-jalan, nah kebetulan dia rumahnya di Karanganyar, jadi dia kita suruh nyamperin kita di tukang tambal ban.
Kelar nambal ban, si Kajol mau nitip motornya. Dia milih buat dibonceng Ingsun. Jadi kita mampir lagi ke markas-nya si Ingsun di basecamps SAR Karanganyar buat naro motornya Kajol. Habis itu baru deh kita bener-bener jalan ke TW. Jadi posisinya Ingsun bonceng Kajol, gue bonceng Mami, dan Ricky bonceng Awey.
Perjalanan ke Tawangmangu kali ini ternyata ambil jalan yang beda dari yang sebelumnya pernah gue lewatin waktu makrab. Waktu makrab setau gue jalannya belok-belok dan ngelewatin kota gitu, tapi ini kita lewat jalur Matesih, yang jalannya ga belok-belok banget tapi nanjak, dan jalannya sepiiiiiii banget. Desa-desa gitu deeeh. Di sisi jalan masih ada aliran irigasi kecil sama sungai. Terus ada persawahan yang terasering gitu. Jadi berasa hidup lagi lah ngeliat pemandangan kayak gitu sambil hirup udara yang seger banget. Oh iya, kita juga sempet ngelewatin Astana Giri Bangun, makamnya Soeharto. Tapi ga mampir, soalnya lagi ga niat nyekar juga. :p
Hampir sekitar satu jam berjalan santai, kita akhirnya nyampe juga di Tawangmangu. Tujuan pertama kita sebenernya ke warung sop buntut-nya Bu Ugi yang terkenal seantero Surakarta, tapiiii antriannya parah banget keliatannya dari luar, jadi yaudah kita cabut dulu jalan-jalan ke atas. Kita akhirnya nongkrong di satu warung gede gitu, lupa nama warungnya apa, yang pasti di Cemoro Kandang, pas depan gerbang masuk Gunung Lawu. Disitu sih cuma brunching lucu aja, makan gorengan, sama jagung bakar, sambil ngopi-ngopi cantik.
Habis brunching kita jalan lagi, mau foto-foto di perbatasan Jawa Tengah sama Jawa Timur, buat gaya doang, yang penting chek in path nyampe ke Jawa Timur. Terus habis foto-foto muter lagi turun ke bawah. Nah, habis itu baru deh ke Warung Bu Ugi, makan sop buntut yang porsinya gede bangeeeet pake nasi putih sama teh manis panas cuma abis Rp 25.000,00.
Kenyang makan di Bu Ugi, kita jalan pulang. Mampir dulu buat beli molen di terminal Tawangmangu, kita langsung jalan pulang lewat jalur waktu kita makrab. Jalan yang berbelok-belok bikin gue ngeri karena waktu itu gue dibonceng si Ingsun yang bawa motornya seenaknya, ga pengertian sama gue yang trauma karena pernah jatoh ama Gembel. Dan bener aja, di satu hairpin (istilah F1 untuk jalan berbentuk S, alias habis belok ke kanan, langsung belok ke kiri atau sebaliknya), knalpot motornya Ingsun ngegesrek aspal. Selamet kita ga jatoh. Gue misuh-misuh, dia dengan santainya bilang, "udaaah tenang ajaaa.. kalo di bonceng itu tenang ajaaa.." Matalu tenang!
Di tengah jalan, hujan turun dengan derasnya. Kita akhirnya terpaksa neduh, karena ga semua orang bawa jas hujan, dan jalan mungkin bisa jadi terlalu licin. Kita neduh di tukang duren, yang akhirnya karena tergiur, dibeli juga sama Ricky. Apesnya, durennya masih mentah, kayak singkong. Gue sebagai wanita sejati yang tega kalo urusan belanjaan, udah ga mau bayar duren itu, tapi Ricky sebagai anak laki-laki kebanyakan yang ga ngerti prinsip belanja, mau bayar durennya. Durennya akhirnya dibawa ke kosan buat dimakan besoknya.
Sebelum bener-bener pulang ke kosan, kita mampir lagi ke basecamp-nya Ingsun buat ngambil motor Kajol. Dan karena pantat emang udah pegel banget, kita istirahat dulu disitu, duduk di pinggir jalan, ngeliatin orang-orang lewat, sambil memandangi kuburan para pahlawan yang emang di depan markas SAR pas.
Sekitar maghrib kita akhirnya bener-bener nyampe kosan. Capek tapi enak. Ini touring kedua gue seumur hidup, setelah waktu kelas 2 SMA muter-muter Bandung. Dan pengalaman liburan ini bikin gue pribadi ketagihan liburan buat eksplore Jawa Tengah lagi.

Ini foto pas baru nyampe Tawangmangu.
Ayu, Awey, Mami, Ricky, Kajol, Ingsun.

Foto di depan pos pendakian awal Gunung Lawu minus Ingsun
yang lagi ngobrol sama temen-temennya yang banyak banget

Cewek-cewek di perbatasan Jawa Timur - Jawa Tengah. Say Hi to Pakde Karwo!!

The All Team!!

Sekilas pemandangan Tawangmangu yang bisa gue ambil. Hello world, subhanallah :))

Foto markas Ingsun dari jauh

Ingsun with the girls. Kakinya rapih banget deh.