Selasa, 22 April 2014

Orang Ketiga

*maaf ya, kalo lagi sering ngepost soal beginian. lagi ngetren soalnya. :p

Aku cinta kepadamu.. Aku rindu di pelukmu..
Namun ku keliru telah membunuh.. cinta dia dan dirimu..


Itu sepenggal lagu yang dinyanyiin (kalo ngga salah sih) sama Ruth Sahanaya, yang di cover Monita deh pokoknya. Intinya sih ini lagu soal orang ketiga yang tau kalo dia salah terus mau udahan gitu.

Well, orang ketiga ini jadi pembahasan menarik belakangan ini buat gue pribadi. Jadi gini, ada satu kasus dimana gue punya temen, cewek, sebut aja namanya Mawar (ah basi!). Btw si Mawar ini kebetulan baru aja putus dari pacarnya, which is betrayed. Nah, si Mawar galau abis dong. Galaunya Mawar lumayan parah deh kalo ukuran cewek mah, secara si Mawar lumayan lama juga pacaran sama cowoknya. Lagian juga wajar lah, karena menurut gue, tiga bulan pertama setelah lo putus sama pacar lo adalah masa-masa tergalau lo (dengan catatan lo bukan tipe-tipe gugur satu tumbuh seribu yaa.. alias cepet nempel).

Dalam masa tergalaunya, sebagai seorang cewek, wajar kalo si Mawar lagi butuh perhatian banget. Inilah yang menurut gue menyebabkan seringnya muncul korban-korban pelarian di tiga bulan awal pasca putus, karena emang itu masa tergalau dan masa dimana butuh perhatian banget. Menurut gue lepas dari tiga bulan ini baru deh lo mulai bisa berpikir jernih dan belajar dari kegagalan sebelumnya.

Btw balik lagi ke si Mawar yang lagi butuh perhatian, dia sekarang lagi nebar jala nih, kebetulan juga dia sekarang, kalo istilah temen-temen gue tuh lagi PLN, alias Pasaran Lagi Naik, jadi banyak yang suka sama dia. Jadi agak gampang lah buat si Mawar nyari ‘pelarian’. Kenapa gue bilang ‘pelarian’, itu karena pada dasarnya si Mawar emang masih cinta mati sama mantannya. Pelarian ini berguna buat memenuhi kebutuhan dia yang emang lagi cari perhatian aja.

Kebetulan, sebelum si Mawar putus sama pacarnya, ada salah satu temen gue yang naksir sama dia, sebut aja namanya Roby. Si Roby ini emang dari awal masuk kelas udah naksir sama Mawar, walaupun dia main belakang, alias ga cerita-cerita sama temen-temen. Hal ini dia lakuin karena kebetulan juga dia udah punya pacar, dan udah pacaran sekitar tiga tahun-an. Btw, Roby pernah cerita sama gue kalo dia tuh lagi jenuh-jenuhnya sama pacarnya, dan udah mulai terkikis rasa sayangnya. Nah, disini gue bilang sama Roby, “By, lo boleh jenuh. Itu wajar. Dan gue ngerasa boleh-boleh aja kok kalo lo nengok kanan-kiri. Tapi satu yang pasti, By. Yang namanya hati itu harus selalu tau jalan pulang!” Sengaja gue ngode-ngode ke dia, dan dia Cuma diem aja.

Nah, masalah mulai muncul ketika si Roby mulai tau kalo si Mawar udah jomblo lagi. Roby pun mulai ngedeketin si Mawar, walaupun masih main halus. Tapi, lama-lama gue dan temen-temen yang lain mulai agak curiga karena si Roby dan si Mawar kok udah mulai show off. Cewek kan lumayan gampang buat dideketin, dikasih perhatian dikit juga kena. Sebagai temen, kita khawatir sama Mawar yang kok mau aja di deketin ama si Roby yang as well known udah punya cewe dan pacaran udah lama, daaaan ceweknya tuh galaknya minta ampun. Si Mawar tiap ditanyain sih masih ngeles-ngeles aja, begitu juga Roby. Tapi yaaa gue ama temen-temen gue nggak bego-bego amat lah buat sadar kalo mereka udah mulai ‘aneh’. Mulai dari mereka yang sering pulang bareng, terus mulai sering nongkrong bareng (walaupun ngga berdua juga), dan yang paling aneh adalah kita udah jarang, bahkan ngga pernah ngeliat si Roby ngebahas ataupun jalan bareng cewenya, which is itu adalah hal yang aneh banget buat mereka berdua.

Di point ini lah gue sama temen-temen gue akhirnya memutuskan untuk bertindak. Kita nggak mau temen kita jadi orang jahat dengan cara nyakitin orang lain, yang kalo di kasus ini ceweknya si Roby. Waktu itu kita nggak tau sih si Roby udah putus atau belum sama ceweknya, soalnya Roby ngga cerita-cerita sama kita. Tapiii, kita nggak mau aja tiba-tiba ada orang yang disakitin, dan itu disakitinnya sama temen kita. Kita sangat berharap dua orang temen kita, Roby dan Mawar, nggak bego dengan jadi egois mikirin perasaan mereka berdua doang dan tega ngorbanin ceweknya si Roby.

Terus akhirnya kita bilang deh sama si Mawar, kalo sebaiknya dia ngejauhin Roby. Karena menurut kita kadang kita emang harus ngalah dan rela korban perasaan sih kalo emang kita tau kita salah. Dan disini kan emang Mawar salah. Walaupun Mawar belum ngerebut, tapi dia udah ngeganggu hubungan Roby sama ceweknya. Si Roby juga salah, karena dia nggak bisa megang yang namanya komitmen, dan ga bisa setia sama ceweknya.

Kita bilang sama Mawar, “War, kita tau kalo lo suka dan mungkin udah sayang sama Roby. Tapi kan lo tau gimana rasanya di duain. Lo seharusnya bisa dong mosisiin diri lo di posisi ceweknya Roby. Apalagi mereka udah lama juga pacarannya. Jangan sampe lo nyakitin orang lain, War. Percuma aja lo bahagia sementara ada orang yang sakit gara-gara lo berdua. Nggak akan berkah deh.” Gitu lah intinya.

Sementara ke si Roby kita ngomong, “By, kita tau lo mungkin udah ada di titik terjenuh lo sama cewek lo. Tapi coba By, coba lo bayangin kalo lo yang dikhianatin sama cewek lo, lo bakalan sakit hati nggak. Inget lagi By, yang berjuang selama ini sama lo siapa. Yang selama ini ada buat lo siapa. Mungkin Mawar emang ada buat lo dan bisa nyenengin lo sekarang, tapi lo harus tau By, yang ada buat lo dari dulu sampe sekarang, bahkan ketika lo nyakitin dia tuh siapa. Jangan pikir cewek lo nggak sadar lo lagi ngeduain dia sekarang. Cewek tuh feelingnya kuat. Jangan bego ninggalin orang yang baik demi orang yang lebih buruk. Percaya lah By, lo nggak akan bahagia selamanya, nanti lo akan terus dihantui sama rasa bersalah. Dan suatu saat lo pasti akan nyesel udah ninggalin orang yang sayang sama lo. Jangan egois By, jangan lo pikir yang mau bahagia Cuma lo doang. Emang lo pikir, cewek lo nggak mau bahagia juga?! Lo udah milih sama dia, By. Coba deh lo setia. Pasti nantinya lo bakalan bahagia deh.”

Yaa gitu lah kira-kira. Sebenernya kita seneng sih kalo ngeliat Roby sama Mawar barengan. Siapa sih yang nggak seneng ngeliat temennya bahagia? Tapi kita nggak mau bahagia itu didapet dengan cara yang harus nyakitin dan ngorbanin orang lain. Kita nggak mau temen kita jadi jahat. Jadi orang ketiga.

Jadi orang ketiga itu kayaknya secara ga sadar bisa jadi tantangan deh buat seseorang. Dan pada dasarnya, kan orang suka ditantang. Jadi, berusaha buat ngerebut pacar orang itu bisa jadi hal yang menantang. Mungkin sebenernya kita sadar sih kita salah, dan kita mau udahan buat ngerebut dia secara ngga langsung, tapi kadang keluar alasan, ‘tapi gue nggak bisa bohong, gue sayang sama dia’. Atau emang pas aja momennya karena ada kesempatan, karena kebetulan orang yang mau lo rebut juga suka sama lo. Jadi keterusan deh. Tapi itu salaaaah. Udah sih, tungguin aja kalo emang lo mau sayang sama dia. Tapi tungguinnya juga diem-diem lah, ga usah heri alias heboh sendiri. Inget aja, kalo jodoh ga kemana. Tungguin aja. Nah, sambil nunggu, mungkin lo bisa sambil liat sana-sini lah, siapa tau ada yang nyantol. Semua orang udah ada pasangannya masing-masing kok, jadi jangan ambil yang udah jadi hak milik orang lain lah. Jadi, selamat berjuang ya! Don’t hurt anyone kalo bisa, dan harus bisa sebisa mungkin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar