Senin, 25 Juli 2016

Diceramahin di Kereta

Semenjak gue balik ke rumah lagi, gue selalu memanfaatkan transportasi kereta api commuter line buat pergi ke Jakarta dan sekitarnya. Alasannya sih simple, murah banget, dan nggak kena macet. Apalagi sekarang di beberapa stasiun di Jakarta udah ada feeder busway yang bikin jalan-jalan di Jakarta jadi makin gampang dan enak.

Beberapa waktu yang lalu,gue sempet jalan sama seorang temen naik krl. Si temen gue ini, termasuk salah satu temen yang dulunya deket banget sama gue, dan bahkan orangtua sampe keluarga besar gue udah kenal sama doi. Dan ini buat pertama kalinya gue jalan lagi sama dia setelah sekitar hampir 3 atau 4 tahunan nggak pernah jalan berdua lagi.
Jalan berdua sama temen yang udah lama nggak jalan bareng emang awkward banget sih. Sepanjang perjalanan selama berangkat, gue sama dia jarang banget ngobrol kecuali basa-basi nanya kabar dan segala macemnya. Tapi pas balik, gila, kayak tumpah kali tuh kata-kata dari mulutnya dia. Gue abis diceramahin, plus dicekokin dalil-dalil atas dasar sharing.

Ceramah si temen gue ini mulai dari aliran agama apa yang kita anut, mahzab, hukum-hukum agama, sampe kewajiban perempuan dalam agama. Ya, bener, termasuk kewajiban make hijab yang udah sering banget disampein ke gue, tapi gatau kenapa gue masih males. :(

Ada satu sih dari ceramahan dia yang gue inget terus. Dia bilang, "Lo hidup buat apa sih? Buat akhirat apa buat dunia? Kalo lo nyari dunia, lo bakal dapetin deh tuh dunia. Tapi kalo lo hidup buat akhirat, nggak cuma akhirat aja yang bakal lo dapet, tapi dunia beserta seisinya juga bakalan lo dapet."
Gue tau banget arah pembicaraan dia kemana. Tapi kenapa ya, gue juga nggak ngerti kenapa gue masih pengen main-main dulu, toh kewajiban gue yang lain selain kewajiban make hijab juga gue jalanin. Hijrah tuh masih jadi tanda tanya buat gue, walaupun seharusnya, siap nggak siap tetep harus gue lakuin dan laksanain. Tapi....... emang ga habis-habis kalo ngomong pake tapi.

Pemikiran ini tuh sebenernya udah lama ada di kepala gue, bahkan sebelum gue diceramahin si temen gue ini. Kalo ga salah semenjak skripsian. Tiba-tiba ada rasa bersalah sama bokap karena satu, kemarin gue telat lulus, dan dua, gue belum bisa nutup aurat dengan baik yang bisa bikin bokap gue masuk ke neraka. Kayak kasian ajasih sama bokap gue, udah susah-susah ngurus masjid tiap hari tapi masuk neraka gara-gara gue. Gue gamau kayak gitu.

Tapiii..(tuh kan tapi lagi!)
Gue masih ragu, takutnya nanti kalo gue pengen main terus gue lepas lagi. Belum lagi kalo nanti keluar negeri, gue makin jadi diri gue sendiri dan ga peduli orang lain, mau ngapain aja, mau pake baju apa aja. Ga akan ada yang ngaduin ke bapak gue.

Belum lagi, gue udah masuk usia nikah. Coy, walaupun belum ada calonnya, tapi ini waktunya gue mempersiapkan diri kan ya? Saikkkk~ Gimana mau dapet Fachri kalo guenya sendiri belum bisa jadi Aisyaah?!?!

Ngomong-ngomong Fachri, gue jadi inget narasi-nya Fedi Nuril di nikahannya dia,
"Dengan kita mendahulukan atau mengutamakan mencintai Tuhan, baru cinta sejati itu diturunkan ke kita. Kalau aku lupa, kamu bisa mengingatkan sebagaimana aku insya Allah akan mengingatkanmu, kalau kamu lupa."

Udah, buruan gih, Ay! Biar cepet ketemu sama yang bisa mengingatkan dan mau diingatkan.


ps: I know some of you know who's this guy. Udeh, diem-diem aje.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar