Jumat, 15 Juli 2016

My Global Citizen's Story

 “Lo tau kan, doa orang teraniaya itu pasti dikabulin? Lo kan sekarang lagi teraniaya tuh, mending lo berdoa deh, terserah apa aja. Lumayan tau!” Saran seorang temen waktu gue lagi curhat habis putus sama pacar di awal tahun 2014.
Bener juga, kata gue. Dengan polosnya, gue akhirnya ikutin saran temen gue itu. Saking polosnya, sayang banget waktu itu gue ga berdoa minta pacar baru atau langsung kawin sekalian buat over-take si mantan. Gue berdoa supaya di tahun ini (di tahun yang sama ketika gue berdoa), gue bisa pergi ke luar negeri buat pertama kali. Impian gue dari kecil. Iya, bener. Ketika orang lain punya cita-cita jadi dokter atau jadi astronot, Ayu Random-nnisa dari kecil cita-citanya jalan-jalan keluar negeri.

Selang berapa waktu gue berdoa, gue inget banget gue nemuin poster AIESEC ditempel di pintu masuk ATM Mandiri di sebelah Popeye. Gue langsung berpikir, gue harus ikutan program mereka. Sebelum di Solo, gue emang udah kenal beberapa orang produk AIESEC, dan buat gue mereka cool banget, jadi gue juga penasaran pengen ikutan juga. Dan setelah sekian proses penerimaan, dan urusan lalalayeyeye, akhirnya tanggal 28 Juni 2014 gue cabut ke Mesir sebagai intern AIESEC.

Culture shock, jadi hal pertama yang gue rasa ketika bahkan gue belum nyentuh tanah Mesir. Di udara, pas pesawat siap buat landing, gue kaget banget karena pemandangan di bawah tuh literally cokelat, sampe gue rasa cuma 2% warna lain dari total keseluruhan warna yang ada.


Nih Kairo dari atas. Ini masih di Giza sih kayaknya, soalnya kalo ga salah gue lagi missed snapping Piramid dari atas.

Culture shock pada akhirnya jadi teman setia sih selama kurang lebih 2 minggu pertama ikutan program Global Citizen (waktu itu masih GCDP) ini. Mulai dari rumah yang beda banget sama di Indo, punya roommates yang nge-bete-in, ngadepin orang lokal yang nggak bisa bahasa inggris, cuaca, suhu, dan karena waktu itu pas bulan puasa, gue ngerasain waktu puasa yang 3 atau 4 jam lebih lama dari durasi puasa di Indo. Puncak culture shock yang gue alami adalah ketika waktu pertama ada meeting antar intern di kampus AIESEC gue (AUC The American University in Cairo), gue ketemu sama lebih dari 50 orang dengan berbagai kewarganegaraan yang berbeda. Saikkkk!
Itu bukan cuma jadi puncak culture shock gue, tapi juga jadi the best thing I’ve ever got so far! Bayangin, bosque, gue ga usah keliling dunia, tinggal nengokin kepala gue ke kanan, kiri, depan, belakang, gue udah bisa liat orang-orang dengan warna kulit, warna mata, dan aksen bicara yang beda.
Walaupun bekerja di proyek yang berbeda-beda, gue dan kurang lebih 100an intern lain sering banget kumpul buat sekedar hang out atau outing bareng, sama kita juga beberapa kali ikutan preparation class sama kelas bahasa arab gitu buat ngebantu hidup sehari-hari. Tapi yang pasti kita tiap malem sekitar jam 7-an, kumpul di depan gerai Starbucks City Center Awwal Makram Nasr City. Tempat itu kemudian jadi meeting point semua orang sebelum pergi ke tujuan masing-masing.

Ikutan program ini, ternyata bener-bener bikin gue ngerasa hidup. Berteman sama orang-orang yang beda latarbelakang sama gue, bikin gue jadi (harus) open minded. Gue harus nerima perbedaan tanpa harus ngilangin prinsip yang selama ini gue pegang. Gue bebas mau ngomong apa aja, gue bebas mau pake baju apa aja, gue bebas...bebas apa lagi ya? Pokoknya bebas deh.
Iyasih, ini bukan sesuatu yang waw banget dan nggak bisa lo lakuin kalo lo di rumah. Tapi ini jadi beda ketika lo bener-bener hidup sama orang-orang yang background-nya beda sama lo. Dan nggak cuma satu dua tiga empat atau lima, tapi puluhan. Kalo lo nggak bisa beradaptasi dengan baik, lo kalah. Dan untungnya cuma sedikit yang kalah. Gue sama temen-temen yang lain bener-bener get along dengan sangat baik. Ada sih drama dikit-dikit, tapi masih lebih parah drama waktu gue KKN deh sama si Korcam gamb*is.


Emang durasi waktu gue tinggal dan hidup di sana lumayan singkat, sekitar 2 bulan lebih. Tapi, untungnya gue juga ngerasain drama pertemanan kayak yang biasa gue alami di Indo. Mulai dari ribut kecil, ngomongin orang di belakang, ada orang yang public’s enemy, naksir-naksiran, sampe summer romance. Bonus dari itu semua adalah gue langsung move on seketika dari mantan gue. Hahaha, sampah sih emang bonusnya. Gue sampe nyesel banget ngapain dulu nangis pas putus :”)

Dua tahun berselang setelah kita semua balik ke negara masing-masing, gue sama temen-temen gue masih keep contact walaupun nggak se-intens 2 bulan awal setelah kita balik. Dulu mah hampir tiap hari kali gue skype-an sama temen-temen gue itu. Kalo sekarang paling sebatas kirim message, nge-like foto, dll yang mostly dilakuin di facebook. Makanya gue aktif banget di facebook. Dan yang paling seru adalah ketika ngeliat salah seorang temen, pergi ke luar negeri untuk ketemu temen yang lain. Walaupun bukan kita yang berangkat, tapi kita ikutan seneng. Apalagi kalo ada temen yang dateng ke negara lo, senengnya jadi double, soalnya kita nggak harus keluar uang. Waktu Mahmoud dateng ke Indo, dan gue nemenin liburan di Malang-Jogja-Jakarta, gue seneng banget, karena ada bagian dari ‘Mesir-gue’ yang dateng. Tapi, di antara itu semua yang menang banyak adalah Mido (Mesir) dan Ioana (Rumania), dua sahabat gue banget waktu di sana, yang sampe detik gue nulis tulisan ini masih together as a couple. Walau LDR-an. Ternyata LDR-an nggak se-sucks itu, Ay! *ngomelin diri sendiri*


Buat nyelesein tulisan ini sebelum gue ngelantur mikirin summer romance gue, gue pengen berterimakasih banget buat pengalaman ini. Gue bersyukur, pengalaman ini pernah mampir ke hidup gue, yang gue yakin bakal gue kenang seumur hidup gue sampe gue nggak bisa inget apa-apa lagi tentang ini semua. Sayang, sampe detik ini juga gue bahkan belum bisa bilang makasih sama bokap gue. Padahal, gue udah bikin video di Padang Pasir Siwa, dimana gue bilang makasih buat orangtua gue karena udah ngasih kesempatan ini, dan bikin ini jadi hal yang terindah yang pernah gue rasain selama 21 tahun hidup. Sumpah, gue sangat menyarankan muda-mudi Indonesia, gimana caranya kalo punya kesempatan, ambil aja dan ikutan program Global Citizen AIESEC ini. Program ini bener-bener bakal ngebuka mata lo, dan ngasih lo perspektif baru tentang hidup. Pastinya selalu ada cerita baik-buruk, positif-negatif sih tentang program ini. Tapi ketika lo yakin pengalaman lo ini bakal ngasih cerita yang baru buat hidup lo, lo udah tinggal nikmatin aja, men, semua prosesnya. Seru kok!


So, gue tunggu cerita lo!






p.s: tulisan ini tadinya mau gue kirim dalam rangka campaign apa gitu buat LC. tapi setelah gue pikir-pikir kayaknya ini ga cocok deh sama redaksi LC. Jadi karena gue males ngedit atau bikin baru, gue post aja di sini. oke, ini #superlatepost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar