Jumat, 15 Juli 2016

Maenan tinder!

Sekitar satu tahun yang lalu, aplikasi Tinder tuh lagi booming-boomingnya (di kosan gue). Dua dari sekian puluh temen sekosan gue rajin banget main Tinder, sampe dirasa bisa dijadiin obyek penelitian skripsi sama seorang temen yang lain. Demam Tinder mereka ternyata nemplok juga ke temen gue yang lain, walaupun dia mainnya masih malu-malu. Maklum, Tinder identik sama yang namanya match maker. Kalo di sini, lo ikutan main gituan tuh bakalan dipandang orang lain kayak jomblo ngenes yang nggak laku-laku, sampe lo harus nyari jodoh via dunia maya, dunia yang buat sebagian orang ga jelas, mending bayar dukun.
Setelah gue liat-liat, ternyata demam Tinder ini ga cuma mampir ke temen-temen kosan gue, tapi juga temen-temen kampus dan temen-temen organisasi. Wah, kalo gini caranya gue harus ikutan dong, biar nggak ketinggalan. Gue donlot deh tu aplikasi. Sialnya begitu gue buka app itu, cowok pertama yang gue temuin di Tinder adalah Mak Dody My Luv, si pacar aku selama di Solo. Langsung gue apus app itu, karena kebetulan juga memori gue penuh.

Dua temen gue yang jadi pioneer Tinder di kosan, ternyata udah jauh banget progress Tinder-annya. Alig, temennya jadi nambah banyak, tiap hari obrolannya jadi temen-temen di Tinder, kopdaran, sampe liburan bareng dan sampe ke tingkat baper sodara-sodara. Tenang aja, iini semua masih di batas positif kok. (ps: Gue ga akan ngejatuhin pihak manapun kecuali diri gue sendiri di sharing session ini. Karena menurut gue yang mereka lakuin masih positif, dan kalo lo ngeliatnya negatif, itu mungkin karena lingkar otak lo aja yang kurang gede)

Sekian hari yang lalu, (dan masih sampe sekarang T_T) gue ngerasain yang namanya post-graduate-syndrome. Gue kangen banget ngobrol sama temen-temen gue, yang nggak bisa gue lakuin di rumah. Dua tahun gue lebih banyak hidup sama temen yang umur dan pemikiran sama cara pandangnya hampir sama sama gue, terus tiba-tiba gue balik ke rumah dan yang gue hadapin orangtua gue, yang seringkali pemikirannya beda jauh sama gue. Mau gue iyain gue yang stress, mau protes gue udah ga sampe hati berdebat sama mereka, kasian orangtua gue udah semakin tua :(
Karena sindrom itu, gue sempet feeling lonely. Sebenernya bisa aja sih gue ngobrol sama temen-temen gue virtually. Tapi entah kenapa gue males aja. Gue pengen orang baru. Gue udah hapal pola ngobrol temen-temen gue. Akhirnya gue donlot lagi Tinder. Dan ternyata akun gue masih ada, jadi gue tinggal main aja nggak harus ribet sign up lagi.

Terus akhirnya gue main Tinder lagi. Swiping kiri kanan doang berdasarkan foto yang gue liat waktu itu. Ga ada intens apapun. Bener-bener cuma pengen ngobrol doang. Gue bener-bener berharap gue bisa nemu orang yang bisa gue ajak ngobrol deep, dari hati ke hati, ngobrolin hal-hal yang nggak bisa gue obrolin ke temen-temen gue di dunia nyata, dan habis itu ngelupain itu gitu aja macem orang One Night Stand.

Tapi emang kadang harapan ga sesuai ama kenyataan ya. Gue mentok nggak punya temen ngobrol cyin :"D
Dan ini justru bikin gue realize something sih. Ohh, pantesan temen gue itu-itu aja. Gue emang bisa kenalan sama orang baru, dan bisa bangun relasi. Tapi ternyata gue nggak jago buat maintain hubungan itu. Makanya gue belum nemu lagi temen-temen baru, yang bisa langsung akrab kecuali gue ketemu mereka tiap hari atau minimal seminggu sekali.

Ada sih satu orang, sebut aja namanya Bima, anak Telkom lagi lah :') (Ayunnisa gabisa jauh-jauh dari institusi itu ternyata). Dia satu-satunya orang yang masih (sabar dan mau) nanggepin obrolan gue (gatau sih mungkinn sebenernya dia juga males sama gue :p ), dan gue tertarik buat ngobrol sama dia. Ngobrol ama dia nggak basi sih buat gue, walaupun emang nggak kayak gue ngobrol sama Gembel atau Galih (iyalah, 10 tahun men!). Tapi at least gue bisa ngomong sama dia kayak gue ngomong ke temen gue beneran, nggak pake aku-kamu lagi. Meh.

Dari sekian hari gue Tinderan, ada satu orang yang bakalan gue inget banget. Kita sebut namanya Jeje. Si Jeje ini kalo ga salah umurnya 3 atau 4 tahun di atas gue. Waktu gue swipe kanan dan match ama dia, dia langsung message gue tuh. Awalnya biasa, nanya anak mana blablabla standar anak Tinder. Baik banget cyin, manis lagi bahasanya.
Sampe di titik dia nanya gue, "kamu kenapa main Tinder?"
Gue jawab, "gue pengen nyari temen ngobrol, kenapa?"
"Oh gitu. Maaf ya, saya nyari orang yang mau berhubungan serius sama saya." Katanya.

Jah, kata gue. Terus pas gue baca profilnya, emang tulisannya only #seriousrelationship, dan tentang dia yang udah eneg di PHP-in cewe.

Gue bales, "ohh, terus kenapa?"

"Mending kamu unmatch saya aja, tujuan kita udah beda." Kata dia.

Lah, drama nih. Gue sebagai pecinta novel dan drama jadi interest dong, siapa tau ada bahan.

Gue bales lagi, "ya kenapa di unmatch?"

Dan dia bales lagi, dan langsung ngebom, "saya cuma 'pekerja rendahan' (ini gue sensor), saya cuma tamatan SMA, saya bukan anak orang kaya, saya beda agama sama kamu, beda suku juga. Saya yakin kamu nggak mau kan sama saya?" yang gue ragu, karena beda sama fotonya dia, paling buat ngetes cewe doang.

"Lah, terus?" bales gue, yang kalo di dunia nyata itu pake nada nyolot yang si Yayas sebelin.

"Saya juga hypersex. Kamu ga mau kan sama cowok hyper? Bisa aja lho habis ini saya minta kamu buat video sex sama saya! Kamu ga mau kan? Dan saya ga suka ditolak. Jadi mending kamu unmatch saya!"

Gila. Gangguan jiwa nih laki. Yaudah gue bales, "sebenernya sih gue ga perlu unmatch, tapi kalo lo maksa yaudah deh. Semoga lo dapet cewek yang cantik dan baik yang bisa sayang sama lo dan ga akan pernah ngecewain lo yaa.. Lo pasti dapet kok, pelan-pelan aja, semangat yaa!" Dan itu gue sampein wholeheartedly, sama kayak gue bilang 'hati-hati ya, mas' ke abang gojek.

Eh dia malah bales, "cih pelan-pelan! Kamu baru umur 23 sih"

Yah, emosi gue dianggep anak kecil. Akhirnya gue bilang "I'm 23 but I'm WAY MORE mature than you!", terus gue unmatch dia, yang sekarang setelah gue pikir-pikir gue malah kayak ABG labil karena nanggepinnya ga elegan. Harusnya gue terusin aja yaa obrolan sama dia, gue jadi punya bahan cerita buat nulis. Sayang udah emosi duluan :(

Tinder gue sampe sekarang belum gue hapus, walaupun udah ga gue mainin lagi. dan gue pasang mode yang gue ga bisa didiscover orang, entah apa itu namanya. Gue iri deh sama dua temen gue tadi, yang bisa banget ngebangun dan ngejaga relasi sama orang-orang baru. Yah, mungkin emang gue yang nggak bakat sih. Tapi lumayan, at least gue punya satu cerita yang bisa gue share dari pengalaman main Tinder itu. Nanti kalo ada cerita seru lagi bakal gue tulis lagi disini.

xoxo

3 komentar: