Selasa, 01 Maret 2011

Sudah saatnya kamu turun dong!

Sepak bola di negeri ini bisa ditemuin dimana aja, mulai dari Stadion Utama kebanggaan negeri ini, sampai di lapangan-lapangan bekas babatan sawah atau malah di pinggir pantai. Ini adalah olah raga rakyat yang menurut gue seharusnya merakyat. Tapi kenapa, sepak bola sekarang rasanya udah bukan untuk rakyat. (Petinggi) Sepak bola sekarang mungkin udah lupa sama rakyat.
Padahal seharusnya mereka liat, siapa aja yang main sepak bola di negara ini! Yang main sepak bola di negara ini tuh banyak banget, mulai dari politisi (lihat Alm. Adjie Massaid) sampai anak-anak kecil yang masuk TK aja, belum. Liat mereka bisa main bola dimana aja, mulai dari stadion sampe di pinggir rel kereta, yang emang bahaya banget. Bolanya juga macem-macem, ngga cuma bola dari kulit tebel yang asli keras abis menurut gue, tapi juga bola plastik. Masih mending sih bola plastik, dulu waktu jaman gue SD, temen-temen gue yang cowo main bola yang bolanya dibikin dari kertas yang diuwel-uwel sampe segede bola sepak. Ada lagi yang main pake buah kelapa, ampe biru-biru kakinya. Tapi itulah sepak bola, begitu dicintai dan disayangi sama seluruh warga Indonesia.
Gue sendiri seorang penggemar sepak bola. Gue juga penggemar timnas, terutama Bambang Pamungkas. Siapa sih yang ga kenal kapten kita itu? Dan gue, sama seperti pendukung timnas yang lain, sangat kecewa sama sikap Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid.
Dia udah jelas-jelas gagal dalam memimpin organisasi ini selama dua periode. Ngga main-main, DUA PERIODE! Dan Indonesia masih belum bisa lebih baik lagi dibawah pimpinan dia. Tapi kenapa, dia masih ngga mau gentleman ngaku kalau dia gagal? Seberapa besar sih egonya? Gue penasaran deh, apa yang ada di pikirannya sampe dia ngga mau ngelepasin jabatannya?
Kalo emang alesannya menjunjung tinggi demokrasi, apa dia ngga ngeliat (atau pura-pura ngga ngeliat) sama apa yang terjadi di luar sana? Ada banyak orang yang meminta dia buat turun dari jabatannya, mulai dengan cara baik-baik sampe cara yang, sorry to say, ngga etis lah seharusnya, dengan berbagai aksi demonstrasi kayak begitu. Dan ada orang lain di luar sana yang sudah di akui, at least diperkirakan, orang banyak, kalo mereka mampu membawa sepak bola Indonesia lebih baik lagi dari sebelumnya.
Selama ini dia ngaku kalo dia dicalonkan, bukan mencalonkan diri buat jadi ketua PSSI lagi. Tapi plis deh paaaak, yang ngga mau bapak jadi ketum lagi mungkin lebih banyak daripada yang ngedukung. Gue heran, kenapa unsur suporter ngga bisa masuk jadi tim verifikasi pemilihan ketua umum PSSI. Padahal, menurut gue, suporter juga pasti tau banyak tentang sepak bola, dan mereka pasti ngewakilin suara jutaan rakyat Indonesia di luar sana yang juga peduli sama sepak bola Indonesia.
Gue setuju sama aksi revolusi di tubuh PSSI. Emang begitu seharusnya kalo emang mau cari jalan yang terbaik buat negeri ini. Terus berubah, tentunya berubah jadi lebih baik. Gue yakin, kita semua mau sepak bola Indonesia ini jadi lebih baik, dan jauh lebih maju dari sekarang. Dan gue percaya, Pak Nurdin juga mau begitu. Mungkin bedanya sama kita, Pak Nurdin, mau sepak bola Indonesia ini maju, tapi dia tetep megang jabatannya. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar