Kamis, 25 Agustus 2016

Ketika Gue Membeli Barang

Suatu waktu, gue berdiri merenung. Gue baru punya rumah, tapi rumah gue masih kosong. Kebetulan gue baru dikasih duit sama orangtua gue kemarin, tapi duit itu harus gue habisin hari ini, kalo engga duitnya diminta lagi sama orangtua gue.

Ah, iya ya. Orangtua gue pasti mikir, gue belum perlu dikasih uang ini karena gue ga bisa manfaatin dengan baik. Jadi, yaudah deh daripada uang ini ditarik lagi, gue putusin buat beli satu barang. Iya, satu barang aja, soalnya uangnya nggak banyak, tapi cukup lah.

Hari itu juga gue putusin buat pergi ke sebuah toko. Toko itu udah terkenal ngejual barang-barang bagus, pemiliknya juga terkenal baik banget sama customer. Sebelumnya, di rumah gue udah pikirin baik-baik nih barang apa yang mau gue beli, yang kira-kira paling essensial buat hajat hidup gue dan orang-orang yang akan mengisi rumah ini nantinya. Maka, pergilah gue ke toko itu.
Sampai di toko itu, gue langsung kagum sama toko itu. Gila, barangnya bagus-bagus banget. Kalo gue punya uang banyak, mungkin gue bakal beli semuanya. Tapi karena gue sadar uang gue cuma cukup buat beli barang yang gue butuhin itu, maka gue langsung mencari lorong display barang yang gue tuju.

Sambil jalan kesana, gue tentunya liat display barang lain. Disana-sini ada tulisan warning, “PECAH/RUSAK = MEMBELI” dan “BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN LAGI”. Gue jadi parno buat megang-megang barang. Tapi gue masih cuek-cuek aja, sampai akhirnya gue nyampe di lorong display barang yang gue cari.
Di display itu masih ada tulisan-tulisan warning kayak tadi. Entah kenapa gue jadi pusing bacanya, kok malah bikin gue takut ya. Gue cuekin lagi tulisan itu, karena kesel juga bacanya. Gue fokus buat milih-milih barang yang gue cari.

Di display ini, ada banyak barang yang gue cari. Sebenernya fungsinya sama, cuma tampilannya aja yang beda. Gue milih deh yang sesuai sama apa yang gue mau. Nah, dari sekian banyak barang ini gue udah nemu dua barang yang bikin gue tertarik.

Barang pertama harganya agak mahal, tapi cukup sama duit gue. Dan ternyata, setelah gue liat-liat, barang ini emang paling mahal diantara barang-barang yang ada. Gue cek duit gue, cukup. Barang ini sih tampilannya biasa aja, ga kayak yang lain warna-warni, menarik. Tapi, kalo gue teliti, barang ini emang kualitasnya bagus banget. Iyalah, buat gue harga ga pernah bohong. Dan yang pasti, kalo gue beli barang ini jaminannya bakalan awet asal gue makenya bener, jadi gue ga perlu beli-beli lagi nantinya.

Barang yang kedua harganya lebih murah dibanding barang yang pertama. Gue sebenernya lebih suka barang yang ini. Kalo pun barang ini cuma gue pajang di rumah, gue juga tetep seneng, soalnya matching banget sama warna rumah gue. Lagipula, kalo gue beli barang ini, gue akan punya sisa uang, dan bisa gue beliin barang lain buat ngelengkapin rumah gue.

Duh kan, gue jadi bingung. Mending gue beli barang yang gue mau, atau barang yang awet ya. Gue mikir-mikir lagi nih mana yang kira-kira bakal gue beli. Akhirnya gue pilih barang yang pertama, karena menurut gue bakalan berguna buat gue. Udah jelas kualitasnya bagus, dan awet pula. Tapi gue masih suka sama barang yang kedua sih. Lucu banget. Yaudahlah, daripada gue pusing-pusing ngurusinnya nanti, gue pilih aja barang yang pertama.

Sayangnya, pas gue mau jalan ke kasir buat bayar, gue jatoh. Otomatis barang itu ikutan jatoh dan rusak. Duh, apes banget pake rusak lagi. Saat itu, timbul pikiran jahat gue, gue balikin aja ni barang ke tempatnya, gue umpetin rusaknya, gue ambil barang yang lain.

Tapi gue tau, gue ga mau dan ga boleh se picik itu. Barang ini gue yang ngerusakin, masa gue mau lepas tangan gitu aja. Jahat banget gue, udah ngerusakin barang, terus pura-pura ga tau dan bodo amat, menganggap ini sebagai sebuah ketidak sengajaan.

Ah, gue kan bukan anak kecil. Jadilah gue memberanikan diri menghadap ke yang punya toko. Gue mau jujur, kalo gue udah ngerusakin barang itu sambil minta maaf dan gue janji bakalan bertanggung jawab atas barang itu.

Ketika gue ketemu sama penjaga toko itu, gue akhirnya jujur sama dia. Dia ternyata bisa ngertiin gue. Dia ngajak gue buat ngecek barang itu. Dia bilang, barang itu sebenernya ga rusak-rusak amat. Barang itu masih bisa berfungsi dengan baik kok. Kualitas sama keawetannya juga masih bisa dia jamin. Tapi barang ini sekarang cacat. Orang lain belum tentu mau beli barang ini.

Njir. Gue nyesel banget. Coba tadi gue lebih hati-hati.

"Gini deh, saya kok kasian sama situ ya. Karena situ udah minta maaf sama saya, saya kasih kesempatan deh buat milih lagi. Mau pilih barang ini atau mau yang baru. Dipikir dulu, soalnya stok-nya cuma tinggal yang di display aja," kata yang punya toko.

Wah, gila. Dia baik banget. Gue mikir lagi, ngapain juga ya gue ambil barang rusak. Yaudah, tanpa mikir lama-lama lagi, akhirnya gue langsung ke display yang tadi, ambil barang yang kedua. Sekarang gue harus jaga barang ini baik-baik nih. Gue ga mau barang ini jatuh lagi. Gue juga ga yakin si yang punya toko mau baik lagi sama gue. Dia juga pasti ga mau rugi barangnya gue rusakin semua.

Berbeda sama waktu beli barang pertama tadi. Kali ini gue tau, uang gue masih cukup buat beli yang lain. Gue jadi liat-liat barang yang lain. Lumayan buat ngelengkapin rumah gue. Tapi gue bingung mau beli yang mana. Yang punya toko masih ngeliatin gue ternyata. Dia cuma senyam-senyum aja ngeliat gue. “Kenapa lagi?” katanya. Gue jelasin lah dari awal ceritanya. Dan ngeselinnya, dia cuma ketawa nanggepin cerita gue. Padahal buat gue ini penting banget.

"Yaa kan tadi saya udah jelasin, kalo barang yang pertama udah cacat, tapi situ masih bisa pake karena masih berfungsi dan kualitasnya bagus. Lagipula kan sebenarnya situ harusnya bertanggungjawab. Tapi kalo situ kurang sreg, situ boleh ambil barang lainnya. Tapi saya ga janji kualitasnya sebagus barang yang pertama." kata yang punya toko.

Duh, gue udah ga sreg sama barang pertama. Udah rusak gitu. Lagian fungsinya juga sama aja kan. Urusan kualitas mah, mungkin asal gue pake dengan baik juga bakalan baik-baik aja. Lagipula gue bisa beli barang lain buat ngelengkapin rumah gue. Dan kalo dipikir-pikir, kalo gue ambil barang yang kedua, itu udah cocok banget sama rumah gue, gue udah ga perlu ngerubah apapun. Kalo barang yang pertama, warnanya agak ga cocok sama rumah gue, kalopun gue beli, gue harus sedikit ngerubah rumah gue. Ngapain juga, ngerepotin, gue ambil aja yang udah ada.

Yaudah, gue bilang sama yang punya toko, gue ambil barang yang kedua aja sekalian gue minta maaf karena udah ngerusakin barang yang pertama. Gue masih ga enak banget karena udah ngerusakin barang yang pertama. Gue akhirnya nanya ke yang punya toko, “terus barang yang pertama gimana?”

Yang punya toko cuma senyum ke gue. Tapi buat gue senyumannya itu malah bikin gue tambah ga enak. “Biar barang itu saya yang simpan. Mungkin nanti ada orang yang betul-betul butuh sama barang itu.”

Ah, gue lega. Gue akhirnya fix milih barang yang kedua. Tapi duit gue masih ada sisanya. Gue gamau ngelirik barang yang pertama lagi. Selain karena duit gue udah habis, gue juga udah ngerusakin barang itu tapi gue ga mau benerin. Gue jadi malu. Akhirnya, gue asal ambil barang bagus buat hiasan di rumah gue. Kebetulan harganya jauh lebih murah dibanding dua barang tadi. Dan akan sangat bagus buat dijadiin pajangan di rumah gue. Dua barang itu deal gue bayar di kasir. Gue pulang ke rumah dengan hati yang sangat bahagia. Gue dapet barang yang gue butuhin dan gue juga bisa ngehias rumah gue dengan lebih cantik lagi.

Barang itu emang cocok banget gue taro di rumah gue. Dan itu sesuai sama apa yang gue cari. Tiap hari gue pake barang itu. Barang yang kedua ternyata emang bener-bener cuma jadi hiasan di rumah gue. Gue ga nemu fungsinya sama sekali.

Selang beberapa waktu, gue mulai ngerti arti dari sebuah harga. Harga emang ga pernah bohong. Barang yang gue beli sekarang rusak karena waktu. Cukup awet sih itungannya, karena gue makenya juga bener-bener hati-hati. Tapi ya kualitas ga bisa bohong. Barang itu rusak.

Gue perlu beli barang baru. Kali ini gue ga mau salah pilih. Gue bakal pilih barang yang terbaik dan kebetulan uang gue cukup buat beli barang itu. Gue akhirnya pergi lagi ke toko itu. Sampai sana, gue ketemu lagi sama yang punya toko itu. Gue ceritain apa yang gue alamin. Sekarang, dia malah ketawa terbahak-bahak. Gue cuma bisa senyum kecut.

"Kalo barang yang rusak itu sekarang gimana? Masih Anda simpan? Saya kok rasanya mau beli barang itu aja ya" gue nanya ke yang punya toko.

"Oh, masih. Situ mau ambil lagi?" tanyanya. Gue langsung ngangguk.

Pas gue lagi jalan buat ambil barang itu, si yang punya toko dipanggil sama seseorang. Gue tunggu dia.

"Wah, sayang situ telat. Baru aja ada yang ambil barang itu. Sama kayak situ, dia juga nyari yang paling baik. Saya kasih liat barang itu, tapi saya juga kasih tau dia, barang itu ada cacatnya. Dia bilang, gapapa, karena dia memang butuh banget sama barang yang seperti itu, yang kualitasnya paling baik. Dia ga peduli sama cacatnya barang itu, dia bahkan ngajak saya buat sama-sama betulin barang itu biar jadi lebih bagus. Saya juga bilang, orang yang ngerusakin barang itu mau ambil lagi barangnya. Dia bilang, saya ga akan biarin barang itu jatuh ke tangan yang salah dua kali dan malah jadi lebih rusak. Tuh, barangnya lagi di bayar di kasir." Kata yang punya toko.

Gue cuma diam disitu. Ga bergerak, ga ngapa-ngapain. Gue baru sadar gue bodoh luar biasa. Rasa menyesal emang jauh lebih sakit daripada apapun. Kenapa waktu itu gue ga bertanggungjawab sama barang itu. Padahal gue sendiri yang ngerusakin barang itu. Sekarang barang itu udah diambil sama orang lain. Gue cuma bisa berdoa supaya gue bisa dapet barang kayak gitu lagi.

Gue akhirnya nanya sama yang punya toko, “Kapan barang itu ada lagi?”

Dia jawab, “mungkin masih lama datangnya. Lagipula harganya tentu lebih mahal daripada yang sebelumnya. Sebaiknya kamu berusaha lagi, kalau uangmu sudah terkumpul nanti, kamu bisa kembali lagi kesini.”

Dari barang itu gue sekarang tau arti sebuah harga. Harga yang gue bayar sekarang jauh-jauh-jauh lebih besar.

Untungnya itu cuma barang, bukan orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar