Minggu, 23 Februari 2014

Ide!

Hai, teman-teman!

Hari Minggu kemarin (23 Februari 2014), gue dan anak-anak kosan Nefilla Bahagia ikutan Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi. Nah, disitu gue ngeliat beberapa aksi sosial berkaitan sama musibah Gunung Kelud di beberapa titik di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Salah satu dari aksi itu ada aksi anak-anak MIPA UNS. Mereka kayak bikin mini konser akustikan gitu. Terus mereka ngumpulin dana dari orang-orang yang lewat dan nikmatin musik mereka.

Gue sempet ngomong sama Dita, pengen ya kayak gitu, anak kom transfer bikin acara apaaa gitu. Di luar perkuliahan. Seru kayaknya. Awalnya emang sih, gue Cuma pengen anak-anak kom punya satu acara di luar perkuliahan. At least itu bisa jadi hiburan, atau bikin kita jadi nyatu atau apalah.

Malam ini gue baca buku Nasional.Is.Me-nya Pandji yang Ndit pinjem dari Fachri. Nah, disitu gue baca soal Indonesia Mengajar-nya Anies Baswedan. Nah, ini kemudian ngingetin gue akan kegiatan Himpunan Mahasiswa gue dulu waktu di UI, dimana kita bikin kegiatan belajar mengajar gitu di kelurahan di deket fakultas kita. Acara itu berhasil banget dan bahkan kemudian jadi kegiatan rutin HM.

Gue jadi berpikir, gimana kalo kegiatan itu diaplikasikan di sini sama mahasiswa-mahasiswa Kom Nonreg 2013. Selain emang kita bisa ngisi waktu, kita juga bisa bikin aksi sosial, yang minimal nambah pahala lah buat kita. Gue gatau sih nanti kalo emang ternyata temen-temen gue mau eksekusinya bakal gimana. Tapi blue print yang ada di kepala gue adalah, pertama, kita membentuk panitia kecil. Terus ngebahas big plannya. Kemudian bagian dari panitia kecil ini kayak ngadain survey, daerah mana/ komunitas apa yang punya banyak anak kecil yang bisa diajak buat ngegolin acara ini, kayak misalnya panti asuhan, atau satu RT di deket rumahnya siapa gitu, yang birokrasinya bisa diajak asik. Habis itu, kita bisa mulai bikin rancangan kegiatan, kayak misalnya kita mau ngadain acara ini berapa lama, taruhlah satu bulan dg pertemuan sebanyak satu kali tiap minggunya. Nah di setiap minggu itu kita bisa ngajarin anak-anak matematika, bahasa inggris, kesenian, atau ngaji malah. Oke, kita butuh modal, tapi modal itu bisa kita cari dari hasil danus. Oke mungkin nggak akan segampang itu, dan gue yakin pasti ada beberapa hal yang harus dipikirin. Tapi kan ini Cuma blueprint. Nanti pasti akan dikembangain lagi dan disesuaikan sama kita sendiri.

Somehow gue merasa kita bisa bikin kayak gitu, kalo makrab aja bisa, harusnya sih aksi sosial kayak gini bisa kita lakuin. Walaupun ada rasa skeptis dikit siiiih. Tapi gue percaya kalo ini bisa dilaksanain kalau anak-anaknya pada mau. Minimal mau aja dulu. Kegiatan ini bisa jadi ajang kita buat ngumpul bareng lagi selain dari futsal yang rutin diadain sama anak-anak cowok.

Gue sih berharap temen-temen mau bantuin gue buat bikin hal ini jadi terwujud. Mungkin nggak besar-besar banget acaranya. Dan kegiatan ini sebenernya emang ga seribet yang dikhawatirkan. Jadi gimana temen-temen, mau nggak? Kalau mau, langsung PM ane ya, gan! Thank you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar