Jumat, 05 Desember 2014

Trip to Siwa! My best trip ever!!

Salah satu pengalaman yang paling menarik selama hidup di Mesir kemarin adalah jalan-jalan ke tempat-tempat wisata bareng sama temen-temen disana. Dari beberapa trip liburan itu, trip ke Siwa mungkin jadi trip paling keren buat gue.
Siwa itu salah satu daerah wisatanya Mesir. Letaknya di bagian barat Mesir di perbatasan antara Mesir dan Libya. Karena situasi dan kondisi Libya yang lagi rusuh, dan emang militer Mesir suka riweuh, trip ke Siwa ini jadi agak ribet, kayak kita harus ngumpulin paspor, terus kalo mau kemana-mana harus izin militer, dan ada cek in dari pihak militer.
Trip ke Siwa sendiri kita lakukan H-3 lebaran, kalo nggak salah sih tanggal 25 Juli 2014. Total peserta yang ikut trip ini tuh sebanyak 76 orang, dan kayaknya jadi trip dengan peserta paling banyak deh selama gue internship disana. And here the story goes....

Day 1

Hari pertama seperti biasa kita kumpul di meeting point kita di Starbucks, City Center, Nasr City, Kairo. Sekitar jam 6 pagi, dengan muka ngantuk-ngantuk kita semua udah ngumpul, buat nungguin bis yang bakal bawa kita ke Siwa. Di perjalanan, gue duduk di samping Marwan (Rumania), dan ngehabisin 12 jam perjalanan mostly dengan tidur. Kadang-kadang nyanyi-nyanyi, ngobrol sama temen-temen, tapi paling banyak sih tidur. Bosen juga ngeliat kanan-kiri yang isinya cuma gurun lagi, gurun lagi. Kanan kiri tuh warnanya monoton, cokelat, kering, jadi ngebosenin.
Sekitar hampir jam 7 malam, kita akhirnya nyampe Siwa. Yeaay!! Capeeeek duduk mulu di bis. Pas pertama kali gue ngeliat Siwa, kotanya tuh kecil, jalan-jalannya juga kecil. Warung dimana-mana. Kotor, kayak kota-kota lain di Mesir. Pokoknya belum nemu bagusnya deh.

Pas nyampe hotel, kita dibagi-bagi kamar, dan gue milih buat sekamar sama Amal (London).. Hotelnya sih lumayan bagus namanya Siwa Paradise, model hotel jaman dulu deh. Tapi unik, jadi gue suka. Pas malem itu di hotel kita cuma numpang mandi dan bersih-bersih, habis itu kita pergi ke restoran deket situ buat makan. Makan malem yang disediain ada spaghetti, terus salad, sama roti ish khas Mesir. Sayang nggak gue foto makan malem itu.

Kamar di Siwa Paradise

Habis makan kita berombongan pergi ke Old Siwa, dengan jalan kaki, karena deket banget sama hotel. Jadi Old Siwa itu sebenernya gunung mati gitu. Di jaman dulu, orang-orang Siwa tinggal di gunung ini. Mereka bikin rumah dari tanah dan lumpur. Setelah masuk ke jaman modern, mereka mulai tinggal di rumah-rumah. Rumah mereka di gunung mati ini juga akhirnya habis karena tergerus hujan. Akhirnya gunung mati ini jadi salah satu objek wisata di Siwa.
Balik dari Old Siwa, gue dan beberapa anak ngumpul di kolam renang hotel yang penampakannya disaster abis. Kolam renang itu ga pernah dibersihin, dan pastinya ga pernah dipake. Tapi suasana sekitarnya masih enak, jadi kita ngumpul-ngumpul deh disana.

nongkrong di kolam renang yang mungkin udah jadi kolam racun

Gue, Amal, Adil (Oman), Xristi (Yunani), sama Matheus (Brazil) sepakat buat liat sunrise di Old Siwa besok paginya. Dan kita bakal janjian di kamarnya Adil jam setengah 4 pagi. Setelah sepakat, kita balik ke kamar masing-masing buat tidur cepet dan ga ikutan nongkrong di warung shisha sama temen-temen lain.

Day 2

Hari ini kita mulai pagi banget, bahkan sebelum pagi dateng. Kayak yang kemarin udah disepakatin, gue sama Amal ngumpul di kamarnya Adil sama Matheus, Xristi udah ada disana juga. Jam setengah 4 kita udah jalan ke Old Siwa. Suasana kota waktu itu sepiiiiii banget. Cuma ada anjing-anjing liar yang lewat, dan satu dua orang yang kayaknya dari/mau ke pasar. Dan pas kita naik gunung, ternyata segunung itu emang cuma kita berlima doang.
Udara dan angin pagi itu dingin banget. Untungnya gue pake cardigan, jadi lumayan lah ga kedinginan. Sambil nunggu matahari terbit, kita cuma ngobrol-ngobrol dan nikmatin suasana itu. Sampe akhirnya sekitar jam 4, matahari akhirnya terbit juga. Terbitnya pelan-pelan, sampe akhirnya bulat sempurna, yang sayangnya nggak nyampe 5 menit bisa kita nikmatin.
Old Siwa di pagi hari yang sepi macam hati ini

Sunrise dari Old Siwa

Sekitar jam 5 kita balik lagi ke hotel, dan kita punya ide iseng banget buat ngerjain Nikol (Yunani) sama Galia (Rusia). Siapa lagi yang punya ide gila ini kalo bukan Xristi yang sekamar sama dia. Jadi si Xristi kan punya pisau gitu, nah terus dia bangunin Nikol sama Galia sambil pura-pura mau negbunuh gitu. Pas dibangunin kayak gitu Nikol sama Galia langsung ngambek berat. Nikol malah langsung keluar cuma pake cd sama tanktop doang buat ngejar Xristi.
Gue sama Amal terus balik ke kamar menghindari perang saudara gara-gara Galia mukanya udah ngambek parah. Terus kita mandi dan beres-beres. Sekitar jam 6 kita ke restoran hotel buat sarapan. Sarapan pagi itu yaaa sarapan ala-ala lah. Croissant, roti, terus ada juga sup kacang khas Mesir yang gue ga suka.
Habis sarapan, kita semua siap-siap buat mulai trip hari ini dan buat cabut dari hotel karena nanti malam kita bakal nge-camp di gurun.
Trip yang sebenarnya baru dimulai hari ini. Dari pagi sekitar jam 8, kita mulai jalan ke Dead Mountain. Sebenernya Dead Mountain agak sama sih kayak Old Siwa. Kita daki gunung mati gitu buat ngeliat pemandangan sekeliling Siwa. Dari situ kita bisa liat oasis di Siwa yang gede banget, terus kebun-kebun kurma di sekitar oasis. Dari oasis ini nih air-air mineral di Mesir diproduksi.

ogut di Dead Mountain dan Oasis di belakangnya

Habis dari Dead Mountain kita naik bemo/bajaj nya Siwa gitu ke satu tempat yang kayak kuil Mesir jaman dulu, yang gue lupa namanya apa. Sama aja kayak bangunan jadul di Mesir, warnanya monoton. Cokelat emas gitu.

Habis dari kuil itu, kita lanjut jalan ke Cleopatra’s Bath. Jadi ada kolam kecil gitu, yang katanya sih dulu dipake Cleopatra buat mandi. Beberapa temen pada berenang disitu, sementara gue cuma moto-motoin mereka. Yang lain cuma istirahat di pondok gitu sambil nunggu makan siang. Dan pas makan, ternyata gue baru tau kalo yang gue makan itu daging unta, dan entah kenapa gue langsung ga nafsu makan.

ini baru seger!! @ Cleopatra's Bath

10606346_10203477828204277_810322137277756651_n.jpg (625×417)
Kendaraan kita yang kayak bemo. Atau kayak triseda gitu deh, yang buat bawa galon.
Selesai makan sekitar jam 3 gitu, kita disuruh masuk ke mobil-mobil kayak panther gitu lah yang udah berjejer rapi di deket kolam. Gue satu mobil sama Nurin (UNS juga), Amal, Flor sama Miriam (Meksiko), sama Ryszhan (Kazakhstan).
Kita yang nggak tau mau ngapain pas naik mobil itu langsung kaget karena ternyata kita mau offroad di sanddunes. Gue yang dari lahir hidup di negeri tropis, ga pernah ngebayangin bakalan ke gurun pasir apalagi offroad disana. And it was amaziiiing!!!

Selama offroad kita disuguhin pemandangan-pemandangan yang breathtaking. Pertama kita diajak buat ngeliat danau air asin, yang sayangnya, karena itu summer airnya jadi surut. Tapi beberapa temen tetep berenang di beberapa danau kecil. Gue ga ikut berenang karena males banget gitu kena air garam pasti lengket. Dan ternyata bener aja, temen-temen gue yang berenang disana langsung keset badannya walaupun udah disiram pake air tawar yang disediain sekita 2 jerigen minyak gede di setiap mobil.

gue di danau air asin yang kalo musim panas berubah jadi ladang garam

Habis berenang di danau air garam, (yang sebagian pantainnya udah jadi garam yang beneran luar biasa asin) kita lanjut lagi jalan ke satu mata air gitu yang rasanya segeeeeeer banget! Kita berenang disitu, nyebur dari atas mobil, girang banget deh panas-panas gitu. Sayang, pas lagi asik-asiknya berenang, kita disuruh cabut sama militer. Hih, syebel!

renang di mata air di tengah gurun. seger banget!!

Setelah dari spring, offroad yang sebenarnya di gurun pasir dimulai! Ban-ban mobil udah dikempesin demi alasan keamanan. Habis itu kita langsung dibawa ngebut sama ammu-ammu supir. “You like Dakkar?” tanyanya ke gue. Gue bilang, “Of course, I do!” Terus tanpa nunggu lama, ammu langsung tancap gas ngedaki dunes. Dan habis itu, kita turun dengan kemiringan hampir 80 derajat. Terang aja, kita semua teriak-teriak karena takut, seneng, dan geli.

waktu mobil turun di dunes kayak gini nih yang bikin teriak-teriakan kayak di Dufan :D
akibat kebanyakan ngedrift
meeting point di tengah Sahara.

Setelah puas teriak-teriakan selama offroad, sekitar jam 6 sore kita sampe di tempat kita ngecamp. Karena itu bertepatan dengan sunset, kita ga sia-siain waktu yang cuma sedikit buat foto-foto dengan latar sunset di gurun pasir.

The best sunset ever in my life :')

Malemnya kita dinner di tenda. Menunya sih biasa, macem nasi kebuli gitu atau nasi bumbu lah sama ayam panggang, sama salad timun sama tomat. Terus habis itu kita party-party gitu sambil disuguhin teh yang rasanya pait karena pekat banget. Terus habis itu kita istirahat. Karena udah lewat tengah malam juga, sebagian dari kita tidur. Sebagian dari kita yang lain, geng-geng party ngumpul di satu tenda, gatau gue mabok atau ngobrol doang. Tapi gue sama geng gue lebih milih buat tiduran di sleeping bag di luar tenda dan ngeliatin bintang jatuh. Sumpah, it was my best night ever, karena gue yang penasaran sama bintang jatuh akhirnya bisa ngeliat bintang jatuh juga. Awalnya gue nungguin kok ga ada ada. Eh lewat jam 2 malem, gue ngeliat kayak ada dua juta bintang jatuh yang gue liat. Mulut gue ga bisa berhenti ngucapin subhanallah saking senengnya gue malem itu. Tiduran beralaskan pasir gurun sahara, dan beratapkan sejuta bintang jatuh. :’)

ini suasana malam itu. the best night ever!

Day 3

Awalnya kita berniat buat ngeliat sunrise lagi. Njir, cool pasti tuh liat sunrise di Gurun Sahara. Tapi karena malemnya kita sibuk bilang “Wooow!!” setiap bintang jatuh lewat, akhirnya kita malah kelewatan liat sunrise. Kita bangun sekitar jam 8, terus dengan air seadanya kita cuci muka dan sikat gigi, terus kita sarapan. Sarapan pagi itu yaa biasa aja sih, sarapan ala mesir. Roti ish, keju, selai, foul, melon, susu, sama teh anget.

sarapaaan~

Habis sarapan, kita cabut lagi. Kita mau sandboarding!! Yeay!! Gue pikir sandboarding tuh cuma bakalan nurunin bukit pasir kecil doang. Taunya men, 30 meter sajah!! Gue masuk ke grup kecil, terus diajarin sama Gebaly (egypt) gimana caranya main sandboarding. Sama lah kayak main skate. Terus satu per satu dari kita turun pake board tuh, lumayan serem juga siiih. Sambil nunggu yang lain, gue coba main-main di dunes yang lebih kecil. Seru bangeeet!! Dan gue akhirnya beraniin diri buat main di dunes 30 meter.
masih bisa bercanda sama Gebaly

Sandboardiiiiiing!!!

tadaaaaa!!! beginilah hasilnya!! :'D

Entah karena gue emang bego, atau board gue kebanyakan gue gosok pake lilin, atau badan gue yang keberatan, atau gue kebanyakan bercanda, gue jatuh pas nyobain. Muka gue memar setengah, terus ada luka gitu. Euwh, kenapa mesti gueeee. Dan besok lebaran pula.
Setelah diobatin pake first aid, gue naik lagi keatas. Dan itu parah bangeeeet! Naik gunung pasir 30 meter, dengan suhu 51® celcius  tengah hari bolong. Gue rasanya mau mati, dan mengutuk diri gue sendiri sekaligus mereka yang kenapa sih, ga naro mobilnya di bawah aja, jadi ga perlu naik-naik lagi. However, gue seneng banget!
Setelah puas sandboarding, kita semua langsung cabut balik ke hotel buat siap-siap balik. Sebelum balik, kita mampir dulu di spring yang lain di deket hotel, dan berenang disana. Seger bangeeeet!!! Sekitar jam 12 teng kita cabut dari Siwa, dan menempuh 14 jam buat nyampe Kairo yang lagi hips abis karena malem takbiran. Walaupun malem itu malem takbiran, tapi suasananya ga seasyik di Indo. Biasa aja, cuma lebih macet, walaupun tetep ga semacet Jakarta di hari Jumat.

Sama ammu supirnyaaaa, lupa namanya siapa. Shokran for the great adventure, ya Ammu!

That’s all cerita gue soal Siwa!! Gue bersyukur luar biasaaaaa sama Allah SWT karena udah ngasih gue kesempatan buat nikmatin trip yang luar biasa ini. Terima kasih Siwa, terima Kasih Sahara, terima kasih Mesir, terima kasih Afrika!!

Me and all the lovely people in Siwa Trip :D

ps: bonus
cewek siwa yang nggak boleh keluar rumah, kalo keluar rumah harus pake burqa