Selasa, 03 Februari 2015

Kalo Pacaran Lagi, Siap Nggak...

Itu jadi sebuah pemikiran yang tiba-tiba aja muncul di benak gue. Aneh sih. Gue selama ini nggak pernah ngaitin pacaran sama dosa, walaupun gue tau, pacaran itu udah dosa. Tapi, tiba-tiba aja beberapa waktu belakangan ini gue menjadi tidak tertarik sama pacaran. Awalnya sih mungkin karena trauma, atau masih menyimpan luka. Terus ganti, jadi karena gue ngerasa it is not proper kalo baru putus pacaran terus udah nemplok sana-sini. Kemudian alesannya jadi berubah karena gue ngerasa perlu waktu buat belajar, karena gue rasa gue sendiri juga perlu banyak belajar dari banyaknya kesalahan gue. Terus alesannya berubah lagi, anjir ternyata gue emang butuh waktu sendiri, dan perlu ketemu lebih banyak orang lagi sebab dunia-itu-nggak-segede-rasa-cinta-lo-ke-pacar-lo-atau-mantan-lo. Tapi lama-lama alasan itu berubah lagi. Belakangan, gue ngerasa pacaran itu agak ngebuang-buang waktu gue. Oke, tadi awalnya gue ngomongin soal dosa. Tapi gue tetep aja bukan anak Rohis, yang ikutan kajian gitu-gitu sih. Ini cuma berdasarkan pengalaman dan pengamatan.

FYI, gue bukan tipe orang yang doyan pacaran sebenernya. Kalo boleh jujur, dulu gue lebih suka hubungan tanpa status, dimana lo bisa bebas dan ga terikat, tapi lo punya orang buat sharing hidup gitu. Gue pacaran sendiri kalo ga salah baru dua kali. Dan jelas gagal dua-duanya. Hehe.

Nah, setelah gue udah ga pacaran lagi kan gue mulai ditanya-tanya nih, siapa pacar barunya sekarang. Waktu itu sih, gue masih santai bilang, tahun depan lah, kelarin masa iddah dulu. Jadi, gue emang berniat buat buka hati gue setelah setahun pasca putus gituuu.. tapiiiii, realitanya sih belum ada satu tahun, hati gue udah gue buka lebar-lebar walaupun di mulut masih bilang entar-entar. :p

Pertanyaan tentang pacar baru ataupun siapa cowok lo sekarang tuh kayak udah bikin gue begah bin jengah gitu, kayak jaman dulu. Dan karena kegagalan masa lalu dan euforia kebebasan ngeliat dunia luar bikin gue tiba-tiba jadi mikir buat pacaran. Kayak yang waktu itu dibilang Mido, “Why shoul I?”. Ngapain gue harus pacaran?

Lama kelamaan gue jadi inget lagi, gue waktu pacaran ngapain aja, dan gue juga jadi observ kalo orang pacaran tuh kayak gimana dan ngapain aja. Gue tiba-tiba secara random menyimpulkan kalo pacaran itu sebenernya nggak lebih dari buang-buang waktu dan ngumpulin dosa.

Kemarin di mobil, gue sama si item Faraz ngomongin soal hal ini. Gue nanya sama si kecap, “Cap, pernah mikir nggak sih lo, kalo lo jadi cewek. Lo pacaran, terus lo lalalili sama pacar lo. Eh, nggak usah lalalili deh. Lo ciuman aja. Lo ciuman sama pacar lo. Terus lo putus aja gitu. Dan terus besok lo pacaran sama yang lain, dan lo gitu lagi. Lo ngerasa nggak sih lo jijik sama diri lo sendiri?”

Terus si item bilang, kalo yang namanya pacaran itu emang mengarah ke dosa, Yu. Susah buat pacaran dan lo nggak dosa, karena pacaran itu sendiri aja udah dosa. Minimal-minimalnya lo pacaran, lo pasti pegangan tangan. Terus kalo ada kesempatan ya bakalan lanjut lah. Pada dasarnya, laki-laki itu emang nafsuan, nah si cewek buka jalan. Ya ketemu. Salut lah kita kalo ampe ga ketemu. Mau apapun itu, ujung-ujungnya yang rugi ya cewek.

Bener juga kata gue. Apapun itu, yang rugi tetep cewek. Dan ujung-ujungnya, yang bakalan nyesel ya si cewek. Kalo cowok ya mau apa lagi coba? Tapi kalo cewek? Ya, pikir lah sendiri. Agak sebel sih emang, kadang mungkin pemikiran cowok nggak bakal sampe, dan mereka nggak akan pernah ngerasain apa yang cewek rasain. Tapi emang mau gimana lagi. L

Makanya, ketika gue mau pacaran lagi (dan pemikiran itu sering banget muncul! Sebel!), gue balik nanya ke diri gue lagi. Siap nggak, buat nampung dosa lagi. Gausah perkara mesum. Perkara lo kotor hati aja nambah pas lo pacaran. Suudzon, iri, dengki, dan sebagainya, udah nambahin dosa lo. Ya kalo balik ke pemikiran awal gue soal hal ini, pertanyaannya ya balik lagi, “lo mau, tambah ngerasa bersalah sama diri lo?”

Pacaran itu kalo dipikir-pikir ga segampang yang sebelumnya dipikirin. Apalagi mungkin udah tambah dewasa ya. Pacaran jadi susah, karena yang di relate tuh ga cuma lo-sama-doi, tapi lo, pacar lo, keluarga lo, keluarganya dia, temen lo, dan juga temennya. Jadi ribet gitu, walaupun bisa aja dibawa ga ribet. Tapi balik lagi, ini masalah kesiapan. Lo siap apa engga. Cause every action has a reaction. Lo siap baik-buruknya nggak?


Note ini beneran no offense deh. Ini pure dari gue sendiri dan buat gue sendiri. Karena gue emang suka random orangnya, dan suka ga peduli apapun waktu mau nyatain pendapat. Tapi ini emang buah kerandoman itu sih. Gue sendiri ga muna, I’m not a good one, dengan gue ngeluarin pendapat gue yang ini. Mungkin ada beberapa orang yang bakal berpikiran “cih!” lah ke pemikiran gue ini. Tapi ya terserah, semua pasti punya pandangannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar